Mongabay.co.id

Merawat Tradisi Leluhur Orang Osing

 

 

 

 

 

Bunyi gamelan mengalun merdu, membahana dari balik Rumah Budaya Osing, Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Rumah Budaya Osing ini sebagai ruang pertemuan masyarakat adat Osing. Angklung pagelak khas suku Osing, turut mengiringi.

Para pemuda adat Osing cekatan, menata aneka makanan tradisional Using atau Osing di dalam piring dengan tutup daun pisang. Aneka sayuran dengan beragam lauk pauk lengkap tersaji. Kuliner khas kenduri sebagai ucap syukur kepada Tuhan. Tak ketinggalan, ada kendi berisi air minum.

Para tetamu memegang daun pisang untuk wadah pengganti piring. Bergantian mereka mengambil nasi lengkap dengan sayur dan lauk pauk.

“Ada tumpeng khusus untuk ritual kesuburan,” kata Wiwin Indiarti, dosen Sastra Inggris Universitas PGRI Banyuwangi sekaligus pelestari tradisi Osing.

Sekitar 90% penduduk Kemiren, merupakan masyarakat adat Suku Osing. Mereka tetap mempertahankan tradisi leluhur. Salah satu, kuliner khas sajian para tamu. Bahkan, saban tahun ada gelaran Festival Tumpeng Sewu atau Festival Seribu Tumpeng. Warga juga kerap menggelar kenduri sebagai ungkapan syukur.

Dalam ritual adat Osing, ada sajian tumpeng serakat. Selama 10 tahun terakhir, bahan baku tumpeng serakat tak lengkap, ganti jenis berbeda, seperti terung, biasa pakai terung putih jadi terung hijau. Terung, katanya, tak boleh berwarna ungu. Kacang koro mulo atau koro putih juga ganti yang warna hijau.

Selain itu, labu siam putih juga nyaris sulit dicari alias langka berganti wargan hijau. Aneka tanaman sayur tersebut mulai langka, lantaran masyarakat mulai meninggalkan tanam sayuran itu. Mereka mengganti dengan sayur dari luar daerah dengan rasa dinilai lebih enak dan renyah.

Wiwin mengatakan, tugas pemerintah membudidayakan bahan makanan atau bibit lokal untuk ritual. Labu putih, banyak di Sunda. “Masyarakat Sunda memiliki alasan membudidayakan, kenapa di Banyuwangi punah?”

 

Tumpeng, salah satu sajian dalam ritual Suku Osing. Foto: Eko Widianto/ Mongabay Indonesia

 

 

Ritual ketahanan pangan dan kesuburan

Selain itu juga ada bahan makanan yang tak umum mereka pakai sebagai bahan baku makanan, yakni, daun belimbing yang berbunga tetapi gagal berbuah. Masakan ini diwariskan turun temurun secara lisan. Tak ada teks atau buku yang menuliskan resep ini hingga banyak yang tak mengetahui tata cara memasaknya.

Selain itu, tumpeng juga tersaji pecel ‎pitek atau pecel ayam. Olahan ayam kampung panggang dengan bumbu parutan kelapa dan sambal. Ada juga sego golong, yakni nasi berbungkus daun pisang. Lauk pauk, telur rebus campur bumbu pecel seperti pecel pitek.

Sego golong dipercaya agar pikiran pemilik hajat bisa plong atau lega.

Ritual ini penting, katanya, sebagai bagian menjaga ketahanan pangan lokal, penganan yang tumbuh di lingkungan setempat. Bahan pangan tahan cuaca karena perubahan iklim, dan tahan predator lokal yang memiliki keunggulan tersendiri.

Tumpeng, merupakan bagian dari ritus kesuburan. Meraayakan manusia dengan tanah. Tumpeng untuk ritual, katanya, tersaji khusus khusus. Sebelum dimakan bersama ada ritual dipimpin tokoh adat. Menurut Wiwin, ritual tumpeng merupakan usaha leluhur membangun interaksi manusia dengan leluhur dan sesama manusia.

“Makan bareng, duduk bersama. Tinggi sama rendah,” katanya. Ia juga cara menjaga alam. Ritual masyarakat adat, katanya, lekat dengan tanah leluhur. Ia bagian dari kultur masyarakat agraris.

“Bagaimana ritual kesuburan dilakukan jika tak ada lahan?” Terjadi alih fungsi lahan jadi permukiman, industri dan tambang. Alih fungsi lahan, katanya, tak dibenarkan dan harus dikendalikan. “Tak tersisa, alam penting untuk menjaga keseimbangan,” katanya.

Kini, sebagian bahan pangan langka dan punah apalagi di pasar tersedia untuk memenuhi kebutuhan pangan. Masyarakat Osing tak lagi menanam di halaman rumah. Pola menanam tanaman di rumah, katanya, bagian dari menjaga ketahanan pangan.

“Kita sudah berbeda dengan lehuhur,” katanya.

 

Perabotan di rumah adat Osing. Foto: EKo Widianto/ Mongabay Indonesia

 

Rumah adat Osing

Masyarakat adat Osing di Kemiren, selain menjaga ritual juga melestarikan rumah adat. Lebih dari separuh penduduk mempertahankan rumah berarsitektur khas Osing, ada yang berusia ratusan tahun, diwariskan turun temurun hingga lima generasi. Semua bangunan asli, hanya dinding berbahan anyaman bambu tiga kali renovasi. Anyaman bambu pakai jenis pipil lantaran tebal dan kuat.

Bagian depan rumah pakai gebyok berbahan papan kayu. Bangunan utama seperti pilar atau saka guru dengan kayu benda atau bendo (Artocarpus elasticus).

Orang Osing menyukai kayu bendo karena stabil tak berubah meski terkena hujan dan panas. “Kayu jati bisa melar,” katanya.

Adi Purwadi, pimpinan Rumah Budaya Osing mengatakan, kayu bendo relatif ringan dan keawetan setara kayu jati. Bendo juga ulet seperti kayu besi. Kayu bendo berat dan berwarna warna putih kekuningan. “Kayu bendo juga cocok untuk furnitur,” katanya.

Struktur rumah Osing berbeda terlihat dari atap bangunan. Terdiri dari rumah tikel balung dengan atap empat, baresan beratap tiga dan crocogan dengan atap dua. Biasanya, kata Adi, pakai atap tipe tikel, sedangkan baresan jarang. Crocogan biasa untuk bangunan di dapur.

Ada yang menyebut rumah beratap tikel balung melambangkan penghuni sudah mapan. Sedangkan baresan melambangkan pemilik cukup mapan secara materi dengan rumah bentuk tikel balung. Rumah crocogan mengartikan penghuni masih keluarga muda atau dengan ekonomi belum mapan.

Setiap rumah memiliki tempat penyimpanan hasil panen dan lesung atau alat penumbuk padi. Ia sebagai bagian usaha ketahanan pangan masyarakat Osing.

Bagian dalam ada ruang tamu, sentong. Ruang tamu terdiri atas meja kursi untuk menerima tamu. Ada sejumlah lemari jadi etalase atau pajangan aneka gelas. Ada kinangan atau tempat aneka piranti untuk sirih,  dan aneka pecah belah. Bagian belakang merupakan dapur dengan tungku berbahan bakar kayu dan menyimpan bahan pangan.

 

Tarian grandrung dari Suku Osing. Foto: Eko Widianto/ Mongabay Indonesia

 

 

Merawat tradisi leluhur

Sejumlah pemuda duduk bersimpuh, mereka piawai memainkan instrumen musik tradisi seperti angklung pagelak khas suku Osing. Di sinilah, Lembaga Adat Masyarakat Osing (Lemau) beraktivitas, termasuk belajar mocoan atau tembang. Lemau berdiri sejak 2014.

Kalau di Bali, macoan dikenal dengan membase atau Jawa menyebut mocopat, Madura mengenal istilah mamaca. Mereka tengah mocoan babad tawangalun. Dosen

Wiwin mengatakan, mocoan sering gunakan lontar Yusup.

Tembang lontar Yusup dari kisah yang tertulis dalam Surat Yusuf dalam Al-Quran. Dengan aksara Arab pegon ini, awalnya ditulis di atas daun lontar dengan bahasa Jawa kuno dan Jawa baru. Kondisi fisik daun lontar mulai lapuk hingga disalin di kertas.

Lontar Yusup, katanya, serupa dengan lontar Yusuf di Bali, Madura, dan Lombok. Cirebon juga memiliki serat Yusup. Ada 20 variasi tembang hingga perlu direkam dalam satu tembang utuh agar tetap terjaga.

Mocoan lontar Yusup biasa untuk ritual pernikahan. Sebagai wujud memanjat syukur dan berdoa agar pasangan langgeng seperti Nabi Yusuf dan Zulaikah. Juga ditembangkan dalam acara khitanan, agar anak tak merasa sakit saat khitan.

Awalnya, ada warga Osing yang memiliki koleksi lengkap serat ambyah yang menceritakan kisah 25 nabi. Ada sejumlah pihak meminjam kini tinggal tersisa lima nabi, sebagian rusak hingga tak bisa dibaca. Masyarakat adat Osing, kadang menganggap itu sebagai pusaka.

Mereka menyimpan dan tak membaca apalagi mengamalkan ajaran di peninggalan leluhur itu. Belum lagi, sebagian warga Osing tak bisa membaca apalagi mocoan. Makin lama makin langka, tak banyak pelestari mocoan. Beruntung lembaga masyarakat adat Osing menyalin dan melestarikan tradisi mocoan.

Ada pula naskah serupa yang disimpan di sebuah pesantren. Seorang kiai pengasuh pesantren turut menyalin dan menulis lontar Yusup agar tetap terjaga.

Wiwin menjelaskan, masyarakat Osing menganggap lontar Yusuf merupakan warisan leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan. Tiap tahun, ada ritual membaca tembang semalam suntuk. Kini, ia juga tengah tekun menyalin dan proses digitalisasi lontar secara bertahap.

Ada pula lontar Ahmad, yang bercerita kisah nabi Muhammad. Ada banyak naskah kuno yang dipegang masyarakat. Pemilik sebagian besar petani yang diwarisi dari orangtua mereka. Mereka menjaga lontar sebagai pusaka. Sayangnya, mereka tak bisa baca dan mengamalkan.

Sejak Desember 2017, Lemau menggelar pelatihan mocoan bersama generasi muda. Ketua Lontar Sub Milenial, Noval Moco mengatakan, kini banyak anak muda tertarik ikut mocoan. Sejumlah guru sekolah dasar juga belajar untuk materi pelajaran muatan lokal agar tradisi Osing tetap lestari.

“Banyak anak muda yang tertarik belajar mocoan,” kata Noval.

Dulu, mocoan hanya oleh laki-laki. Kini, perempuan juga belajar dan mulai menembang mocoan.

 

Rumah adat Osing. Foto: EKo Widianto/ Mongabay Indonesia
Exit mobile version