Mongabay.co.id

Mau Lihat Dua Gajah Baru Lahir di Riau? Ini Foto-fotonya

Seekor anak gajah sumatera bersama induknya berada di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Kabupaten Siak, Riau, Minggu (20/9/2020). Anak gajah Sumatera berkelamin betina dengan berat 81kg yang terlahir dari induknya bernama Nia pada Jumat (18/9/2020) lalu. (wahyudi)

 

 

 

Ada kabar baik di tengah kondisi sulit dan krisis kesehatan, pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Apakah itu? Ada dua bayi gajah sumatera baru lahir di Riau. Satu bayi gajah jantan lahir di Taman Wisata Alam Buluh Cina, Kabupaten Kampar, pada 3 Juli 2020. Satu lagi, bayi betina lahir di Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Minas, Siak, pada 18 Juli lalu.

Suharyono, Kepala Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono dalam rilis mengatakan, bayi gajah betina di PLG Minas lahir dini hari dalam keadaan sehat dengan berat 81 kilogram.

Tim medis BKSDA Riau di bawah koordinasi Rini Deswita langsung menuju PLG Minas, sekitar satu jam perjalanan dari Kota Pekanbaru.

 

Seekor anak gajah sumatera bersama induknya berada di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Kabupaten Siak, Riau, Minggu (20/9/20). Anak gajah Sumatera berkelamin betina dengan berat 81kg yang terlahir dari induknya bernama Nia pada Jumat (18/9/20). Foto Wahyudi untuk Mongabay

 

Dia mengecek kesehatan induk maupun bayi. Gajah juga dapat asupan multivitamin dan penguat otot melalui infus. Tim juga memberikan antibiotik kepada Nia, si induk gajah.

Nia adalah gajah evakuasi dari Desa Tapung Petapahan, Kampar 14 Juli 2009. Kaki depan sebelah kanan gajah usia 20 tahun ini terjerat hingga luka cukup parah.

“(Kelahiran] ini kejutan dan hadiah sangat menggembirakan untuk Hari Konservasi Alam Nasional 2020,” katanya dalam akun media sosial BKSDA Riau, Minggu lalu.

Gajah betina bernama Ngatini bersama anaknya berada di Taman Wisata Alam Buluh Cina, Kabupaten Kampar, Riau, Jumat (3/7/20). Anak gajah Sumatera berjenis kelamin jantan bernama Damar ini lahir pada 3 Juli 2020. Foto Wahyudi untuk Mongabay

 

Wahyudi, fotografer lepas yang mengabadikan banyak peristiwa terutama satwa di Riau merasa senang dengan kelahiran gajah ini. Biasa dia lebih banyak menyaksikan bagaimana satwa liar terancam punah terus tertekan oleh perubahan lingkungan.

“Biasanya foto gajah terjerat atau satwa lain. Kini, ada anak gajah lahir. Senang populasi bertambah,” katanya kepada Mongabay.

Dia juga mengabadikan kelahiran anak gajah di Taman Wisata Alam Buluh Cina. Bayi gajah jantan bernama Damar lahir dari indukan bernama Ngatini dan pejatan Robin.

Berikut merupakan foto-foto dua bayi gajah yang lahir pada masa COVID-19 yang diabadikan Wahyudi.

 

***

Keterangan foto utama:  Anak gajah Sumatera bersama induknya bernama Nia  berada di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Kabupaten Siak, pada Juli lalu. Foto: Wahyudi untuk Mongabay

 

 

Anak gajah sumatera bersama induknya berada di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Kabupaten Siak, Riau, Minggu (20/9/20). Foto Wahyudi untuk Mongabay

 

 

Exit mobile version