Mongabay.co.id

Senangnya Petani Ulu Belu, Punya Alat Pengering Kopi Bersumber Tenaga Matahari

Perhutanan sosial melalui skema hutan kemasyarakatan memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat di Register 45B, Pekon Tugusari, Kecamatan Sumber Jaya, Lampung Barat, Lampung. Foto: Lutfi Yulia

 

 

Jam menunjukkan pukul empat sore WIB. Kabut disertai rintik hujan kecil mulai menyelimuti rumah Sugeng Widodo [44] di Dusun Ngarip Induk, Pekon Ngarip, Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus, Lampung, akhir Desember 2020 lalu.

Jalan terjal, terdiri tanah dan batu dengan kemiringan sekitar 45 derajat, harus dilewati untuk sampai ke rumah Sugeng. Terkadang, hanya sepeda motor yang sudah dimodifikasi yang mampu mencapai kediamannya.

Sugeng adalah petani kopi, namun ia menanam juga cabai, pisang, vanila, cengkih, dan durian. Dari hasil itu semua, lelaki ini mampu mencukupi kebutuhan keluarganya.

Sore itu, Sugeng menyuguhkan kopi robusta hasil produksinya sendiri. Tercium aroma khasnya, nuansa gula aren. “Mau pakai gula atau tidak?,” tanya pria yang dipercaya menjadi Ketua Kelompok Tani Hutan [KTH] Margo Rukun, kepada saya.

Sejak 2013, Sugeng mulai bertani kopi dengan teknik agroforestri di areal hutan kemasyarakatan [HKm]. Tergabung dalam KTH Margo Rukun, dia bersama petani kopi lainnya menggarap lahan seluas 1.428,70 hektar. Kopi memang menjadi mata pencaharian utama bagi sebagian masyarakat di sini. Produksi rata-rata mencapai 800 kilogram hingga 1,2 ton per hektar.

Kampung Sugeng, berada di ketinggian 1.000-1.250 meter di atas permukaan laut [mdpl]. Curah hujan cukup tinggi. Hal itu sekaligus menjadi kendala petani untuk mengeringkan kopinya.

Setiap kali panen, mayoritas petani menjemur di halaman rumah. Ada yang memakai terpal sebagai alas. Ada juga yang menggunakan para-para [rak penjemuran terbuat dari kayu atau bambu].

Menurut Sugeng, petani kopi di KTH Margo Rukun kerap kesulitan untuk mengeringkan kopi hasil panen. Energi panas yang bersumber dari matahari, masih menjadi tumpuan utama, namun, kopi lama kering karena sering hujan. “Biasanya bisa memakan waktu 25 – 30 hari,” katanya.

Kondisi ini bisa berdampak pada menurunnya kualitas. “Kopi bisa rusak bila terlalu lama dijemur, apalagi terkena air hujan terus-menerus,” ujar Sugeng

Baca: Penjaga Bumi dari Lampung Barat

 

Perhutanan sosial melalui skema hutan kemasyarakatan juga memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat di Register 45B, Pekon Tugusari, Kecamatan Sumber Jaya, Lampung Barat, Lampung. Foto: Lutfi Yulisa

 

Manfaatkan energi surya

Marfuah [33], petani kopi anggota KTH Margo Rukun, juga mengaku kesulitan mengeringkan kopi hasil panennya. “Telat diangkat, kopi basah karena kehujanan,” katanya. Bahkan, kopi yang di jemur di atas tanah bisa berjamur.

Beruntung bagi Marfuah dan kelompok tani hutan di desanya. Awal 2020, khusus KTH Margo Rukun dan Kelompok Simpan Usaha [KSU] Srikandi, mereka mendapat bantuan dua unit solar dryer dome coffee. Alat ini merupakan pengering kopi berbentuk seperti kubah yang 100 persen energinya bersumber dari matahari.

Bantuan tersebut disalurkan oleh Ruko Kolaborasi [RuKo] -konsorsium pemberdayaan masyarakat dan lingkungan di Lampung- bekerja sama dengan WWF Indonesia melalui program Sustainable Renewable Energy [SRE]. “Dengan alat tersebut, kopi kering dalam waktu sepuluh hari,” ujar Marfuah.

Baca: Kopi Agroforestri, Cara Merawat Hutan Lampung Barat

 

Inilah bentuk solar dryer dome coffee, tempat pengeringan biji kopi. Foto: Derri Nugraha

 

Alat ini menggunakan bahan polikarbonat sebagai dinding kubah. Bahan yang dapat menyerap panas matahari cukup baik. Sehingga, kopi cepat kering. Alat ini tentunya memanfaatkan panel surya untuk menyimpan energi matahari. Energi yang tersimpan digunakan untuk proses pengeringan pada malam hari, menggunakan panas dari cahaya lampu. Sehingga, pengeringan langsung 24 jam.

Menurut pegiat RuKo, Zulfaldi, alat pengering kopi tenaga surya itu merupakan implementasi dari energi baru terbarukan. “Pada Januari 2020, ada pertemuan berbagai elemen yang bergerak di bidang energi terbarukan di Indonesia, berlangsung di Bogor. Hasil pertemuan itu muncul ide implementasi energi terbarukan dan RuKo memilih solar dryer dome coffee,” katanya. Selain itu, dome dinilai mampu meningkatkan kualitas kopi karena mempersingkat proses pengeringan.

Zulfaldi berharap, kubah pengering kopi dapat menjadi model pengembangan produksi kopi di Lampung. “Semoga alat ini mendapat dukungan berbagai pihak,” ujarnya.

 

Pengeringan biji kopi di dalam dome saat malam hari. Foto: Dok. Sugeng

 

Tingkatkan kualitas

Penyerapan panas yang maksimal melalui alat tersebut, membuat kopi yang dijemur kering merata. Dome juga memiliki sensor suhu dan blower angin. Saat suhu melebihi batas pengeringan, antara 45 sampai 50 derajat Celcius, blower otomatis hidup untuk mengurangi intensitas panas.

Menurut Tugino [54], kopi yang dijemur dengan dome memiliki aroma dan warna berbeda dibandingkan bila dijemur di atas tanah. “Kalau dijemur biasa warnanya kepucatan, serta menyengat bau tanah. Menggunakan dome, warnanya kuning mengkilat, muncul aroma khas kopi Ulu Belu, seperti bau gula aren,” terangnya.

Seiring meningkatnya kualitas, harga jual kopi pun naik. Tugino mengatakan, kopi yang dijemur biasa harganya antara Rp17.000 – Rp19.500 per kilogram. Sementara dengan dome harganya mencapai Rp30.000 – 60.000 per kilogram. “Petani mulai pintar, mengaplikasikan kopi petik merah untuk dijemur di dome,” katanya.

Tugino berharap, alat ini dapat dikembangkan di Lampung. “Kami sangat terbantu, terlebih menggunakan energi matahari yang ramah lingkungan,” paparnya.

 

Biji kopi yang dikeringkan dalam dome, terlihat cerah. Foto: Derri Nugraha

 

Produksi

Sugeng bersama anggota KTH Margo Rukun, melalui Kelompok Usaha Perhutanan Sosial [KUPS] pun telah memproduksi bubuk kopi dengan merek dagang “Kopi Hutan Lampung”. Tetu saja, teknik panen yang digunakan adalah petik merah yang lalu dikeringkan dalam dome. “Bahan bakunya selain punya sendiri, juga dari anggota.”

Produk ini dipasarkan tidak hanya di Lampung tapi juga ke Jakarta, Tanggerang, Semarang, Bali, juga Medan. Harga jualnya Rp25.000 per kemasan 200 gram. Untuk saat ini, produksi bubuk kopi baru sekitar 40-60 kilogram per bulan.

“Kalau peningkatan produksi itu bisa. Namun, saat ini memperluas jaringan pemasaran dengan tetap mempertahankan kualitas produk, jauh lebih penting,” terang Sugeng.

 

Produk bubuk kopi robusta hasil produksi Sugeng dan anggota KUPS [Kelompok Usaha Perhutanan Sosial]. Foto: Derri Nugraha

 

Dorong teknik agroforestri

Ulu Belu dan sekitar, merupakan daerah hutan lindung yang lokasinya di wilayah hulu, sehingga kondisinya akan berpengaruh terhadap daerah hilir. Oleh sebab itu, agar kondisi hutan tetap terjaga, Dinas Kehutanan [Dishut] Provinsi Lampung mendorong petani setempat agar menerapkan budidaya kopi dengan teknik agroforestri.

Teknik ini menggabungkan kopi dengan tanaman lain sebagai naungan, untuk menjaga fungsi hutan. Biasanya, menerapkan penanaman pohon dengan strata tajuk, mulai dari tajuk tinggi, sedang, dan rendah. “ Memang menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk mendorong petani menerapkan cara ini,” ujar Kepala Dinas Kehutanan, Yanyan Ruchyansyah.

Menurut mantan kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan [KPH] Batutegi itu, pihaknya mendorong petani di Ulu Belu untuk meningkatkan kualitas kopi. “ Jadi, fokus utama kami adalah peningkatan kualitas. Berapapun jumlah produksinya yang penting nilainya tinggi,” katanya.

Selain menjaga fungsi hutan, penerapan agroforestri juga dapat menambah penghasilan bagi petani kopi. “Dengan teknik ini, harapannya petani bisa mendapat penghasilan tambahan dari tanaman lain. Sehingga, tidak ada lagi masa paceklik,” ujar Yanyan.

 

* Derri Nugraha, jurnalis lepas yang minat pada persoalan lingkungan di Lampung. Aktif di AJI Bandar Lampung

 

 

Exit mobile version