Mongabay.co.id

Nasib Jalak Suren, Diburu di Alam Liar untuk Diperlombakan Sebagai Burung Kicau

 

 

Jalak suren [Gracupica jalla] kini menjadi tawanan di rumahnya sendiri. Burung ini pernah hidup dan kumpul di pepohonan yang aman, setelah berburu larva serangga. Namun, hari ini, Jalak suren sudah tidak ada di alam liar, mereka dikurung di pasar dan rumah-rumah, terutama di wilayah Pulau Jawa.

Dalam sebuah riset baru-baru ini, peneliti burung Bas van Balen dari organisasi Belanda bernama Basilornis Consults, dan Nigel Collar dari BirdLife International, mendokumentasikan hilangnya burung jalak suren dari berbagai daerah asalnya.

Seperti sepasang detektif, Van Balen dan Collar menyisir bukti untuk menjelaskan hilangnya jalak dari habitatnya. Apa yang mereka temukan adalah dua kemungkinan: ekploitasi yang berlebihan untuk perdagangan, serta penggunaan pestisida berlebihan yang berakibat matinya mangsa burung tersebut.

 

Jalak suren [Gracupica jall]) di alam liar. Foto: Khaleb Yordan

 

Jawa, pulau terpadat di Indonesia, dikenal memiliki keanekaragaman hayati luar biasa dan spesies endemik yang tinggi. Namun, eksploitasi sumber daya alam berlebihan telah mengubah lanskapnya dan mengancam flora dan fauna asli.

“Lima puluh hingga seratus tahun yang lalu jalak suren adalah jenis paling umum di lahan pertanian Jawa,” kata Van Balen dalam siaran pers IUCN. “Sekarang, tidak ada burung liar yang diketahui bertahan hidup di alam liar. Hanya beberapa [yang melarikan diri] sesekali yang bisa dilihat.”

Penurunan drastis populasi burung berkicau asli di seluruh Asia, didorong oleh penangkapan yang tidak berkelanjutan untuk diperdagangkan sebagai hewan peliharaan, dan telah menyebabkan para ahli menyatakan krisis burung berkicau di Asia. Sebagai tanggapan, IUCN membentuk Asian Songbird Trade Specialist Group [ASTSG], sebuah tim ahli yang didedikasikan untuk meneliti dan melestarikan burung berkicau di kawasan itu.

Sejak awal, kelompok tersebut telah mengidentifikasi 44 spesies burung yang terancam diperdagangkan; delapan di antaranya, termasuk jalak suren yang statusnya Kritis. Namun, ASTSG khawatir bahwa beberapa jenis juga terabaikan.

“Ada sejumlah taksa [burung berkicau Asia] yang tidak diakui secara universal sebagai spesies penuh,” David Jeggo, Ketua ASTSG, mengatakan kepada Mongabay. “Akibatnya, mereka tidak termasuk dalam Daftar Merah [IUCN] yang berstatus terancam, tetapi justru berada sangat dekat menuju kepunahan.”

Sementara itu, memelihara burung liar sebagai hewan peliharaan tetap menjadi salah satu budaya di Jawa.

“Memelihara burung berkicau adalah tradisi yang telah berlangsung berabad di antara orang Jawa,” Marison Guciano, Direktur Eksekutif FLIGHT, sebuah organisasi di Indonesia yang berjuang untuk melindungi burung berkicau di alam liar, mengatakan kepada Mongabay. “Sekarang memelihara burung di sangkar bukan hanya tradisi orang Jawa, tapi juga sudah ditiru oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Diperkirakan 13-14 juta orang di Indonesia memiliki hobi memelihara burung dalam sangkar.”

Kompetisi berkicau memainkan peran utama dalam mendorong permintaan burung bernyanyi hasil tangkapan liar. Peserta memasukkan burung peliharaan mereka yang berharga dan berdiri di kejauhan sambil berteriak dan bersiul agar burung mereka berkicau lebih keras saat juri mendengarkan dan memberikan poin. Kontes-kontes ini adalah hobi yang populer di Indonesia -dan juga berinsentif, menurut Guciano. Ribuan kontes berkicau diselenggarakan setiap tahun dan para pemenang menerima hadiah uang tunai yang besar.

“Ironisnya, banyak politisi, pejabat pemerintah, dan tokoh masyarakat menyelenggarakan kontes burung berkicau untuk meningkatkan popularitas mereka,” kata Guciano.

Prevalensi kontes burung berkicau di seluruh kelas sosial memperumit masalah yang sudah sulit diatur dalam hal perdagangan burung berkicau. Banyak burung berkicau di Indonesia yang tidak dilindungi secara hukum, sehingga perdagangan spesies ini tidak dapat dituntut, kata Guciano.

 

Jalak suren yang diduga lolos dari perburuan untuk dijadikan peliharaan. Foto: Boas Emmanuel

 

Kisah perburuan yang dijelaskan Van Balen dan Collar memberikan petunjuk mengapa praktik tersebut tidak berkelanjutan. Satu laporan menceritakan tentang burung yang ditangkap dari sarangnya oleh pemburu, bahkan sebelum burung-burung itu menjadi dewasa. Yang lain menceritakan bagaimana ratusan penjerat bekerja sama dan menangkap ribuan burung sekaligus.

Kemungkinan memperburuk masalah perburuan burung jalak yang berlebihan adalah meluasnya penggunaan bahan kimia pertanian di habitatnya, kata Van Balen dan Collar dalam riset mereka. Bukti menunjukkan, ada peningkatan signifikan dalam penggunaan pestisida di peternakan selama beberapa dekade penurunan jalak suren -sedemikian rupa sehingga banyak invertebrata tanah seperti cacing tanah musnah.

Van Balen dan Collar melihat ini sebagai kasus “sindrom pergeseran dasar”, di mana orang mengalami kesulitan memahami perubahan di lingkungan mereka, saat fenomena itu terjadi. Hanya setelah adanya fakta, dengan melihat ke belakang dan berdasarkan data bertahun-tahun, terbukti bahwa penurunan sedang terjadi.

Para ahli, termasuk Van Balen dan Collar, menganjurkan penangkaran jalak suren untuk berikutnya dikembalikan kembali ke alam liar. Tetapi mereka mengingatkan, pelaksanaan program semacam ini kemungkinan akan menghadapi tantangan.

“Ada kerugian besar dalam penangkaran,” kata Collar kepada Mongabay. “Burung yang ditangkar akan memilih untuk hidup dalam sangkar. Hal ini membuat burung kurang cocok untuk hidup di alam liar. Kami tidak tahu berapa generasi jalak suren yang ada di penangkaran, harus dipilih untuk bisa hidup sebagai populasi liar.”

Van Balen mengatakan, penangkaran dan pengenalan kembali pada alam adalah upaya yang berharga untuk menyelamatkan spesies.

“Pengenalan kembali yang sukses akan sangat memperkaya lingkungan Jawa dan Bali,” katanya kepada Mongabay. “Mereka pernah menjadi salah satu burung yang paling umum [dan] beradaptasi dengan baik di habitat pedesaan dan perkotaan.”

Penangkaran dan pengenalan kembali mungkin tidak hanya menyelamatkan jalak suren dari kepunahan, tetapi juga dapat memulihkan fungsi ekologis yang berharga bagi ekosistem lokal. Berdasarkan catatan, jalak merupakan agen pengendalian hama yang efektif, kata Collar dan Van Balen dalam makalah mereka.

 

Seekor burung di kandang yang hendak dijual di pasar. Foto: Marison Guciano/FLIGHT

 

Sementara itu, Guciano mengatakan, perubahan budaya merupakan hal penting untuk mengatasi krisis burung berkicau di Asia. Melalui kampanye dan pendidikan, FLIGHT bergerak meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran ekologis burung di alam liar dan konsekuensi akibat perburuan berlebihan dari alam.

“Permintaan burung berkicau harus dikurangi dengan membangun kesadaran masyarakat bahwa hidupnya burung itu di alam, bukan di kandang,” kata Guciano kepada Mongabay. “Biarkan burung terbang bebas di alam [dan] menjalankan fungsi ekologisnya, menabur benih dan menjaga keseimbangan ekosistem.”

 

Tulisan asli dapat dibaca pada tautan ini: From common to captive, Javan pied starlings succumb to songbird trade. Artikel diterjemahkan oleh Akita Verselita.

 

Referensi:

Van Balen, S. B., & Collar, N. J. [2021]. The vanishing act: A history and natural history of the Javan pied starling Gracupica jallaArdea109 [1], 41-54. doi:10.5253/arde.v109i1.a1

 

 

Exit mobile version