Mongabay.co.id

Inilah Enam Begonia Jenis Baru dari Sumatera

 

 

Jenis tanaman hias yang banyak diminati sekarang adalah Begonia. Bunga ini memiliki daun indah, dengan warna bervariasi seperti hijau, ungu, hingga merah.

Di Indonesia, hutan tropis Sumatera menjadi rumah alami bunga hias ini. Hingga saat ini, ada 72 spesies Begonia dari Sumatera, serta lebih dari 20 jenis baru Begonia sudah ditemukan dan diterbitkan di Jurnal-jurnal internasional.

Peneliti Pusat Riset Biologi – Badan Riset dan Inovasi Nasional [BRIN], Deden Girmansyah, menjelaskan jenis Begonia yang masih hidup liar di alam bebas sekitar 2.000 jenis di dunia.

“Begonia liar tersebar di kawasan tropik dan subtropik kecuali kawasan tropik Australia,” terang  Deden dikutip dari lama BRIN, baru-baru ini.

Begonia yang dijadikan tanaman hias, merupakan tumbuhan yang sudah melalui proses budidaya, sehingga sudah dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungan baru.

Selain itu, jenis-jenis yang banyak dikoleksi saat ini adalah hasil perkawinan silang, sehingga menghasilkan kultivar yang cantik dan menarik, terutama pada pola warna dan bentuk daunnya yang unik.

“Jenis-jenis Begonia liar di Indonesia, pada umumnya ditemukan di dataran tinggi dan pada batuan kars. Hanya beberapa jenis ditemukan di dataran rendah,” terangnya.

Peneliti dari Pusat Riset Biologi dan Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya – BRIN, Deden Girmansyah, Mark Hughes, Sulistijorini, Rugayah, Wisnu H. Ardi, Tatik Chikmawati berhasil menemukan enam begonia jenis baru dari Sumatera.

Keenam jenis tersebut termasuk ke dalam seksi Jackia, dengan ciri khas tumbuhannya menjalar. Jenis-jenis tersebut telah dideskripsikan dan dipulikasikan dalam Jurnal Taiwania 67 [1]: 97-109, edisi 14 Januari 2022.

Enam begonia baru endemik Sumatera tersebut adalah Begonia araneumoides, Begonia batuphila, Begonia panjangfolia, Begonia hijauvenia, Begonia perunggufolia, dan Begonia mursalaensis.

Baca: 8 Tumbuhan Baru Indonesia Ini Ditemukan Saat Pandemi

 

Begonia araneumoides. Foto: BRIN

 

Begonia araneumoides

Jenis ini memiliki corak warna daun menarik, perpaduan hijau dengan pertulangan daun menjari berwarna putih. Tulang daun sekunder melingkar seperti sarang laba-laba. Berdasarkan bentuk pertulangan itu, dinamakan araneumoides yang artinya sarang laba-laba.

Daun begonia ini berbentuk bulat telur dengan pinggir daun bergelombang rapat dan berbulu. Sementara itu,  daun muda hijau kecoklatan.

Bunga jantan dan betina berwarna putih, dengan buah bersayap tiga hijau kecokelatan.

 

 

Begonia batuphila. Foto: BRIN

 

Begonia batuphila 

Jenis ini tumbuh di dinding bebatuan yang tegak. Warna daunnya variasi, hijau sampai kecokelatan dengan tulang daun hijau muda.

Tangkainya hijau sampai merah muda dengan daun berbentuk bulat telur dan pinggiran berlobus dangkal. Begonia batuphila tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 500 mdpl.

 

 

Begonia panjangfolia. Foto: BRIN

 

Begonia panjangfolia 

Begonia dari seksi Jackia ini memiliki bentuk daun agak berbeda dengan jenis lain pada seksi tersebut. Bentuk daunnya memanjang, sedangkan jenis lain umumnya bulat telur atau membulat.

Disebabkan bentuk daunnya memanjang, nama yang digunakan adalah panjangfolia yang artinya daun panjang.

Bunga jantan berwarna putih, sementara bunga betina bertenda dua berwarna putih. Bakal buah dan buah muda putih kehijauan sampai hijau, serta bersayap tiga.

 

 

Begonia hijauvenea. Foto: BRIN

 

Begonia hijauvenea

Nama hijauvenea diambil dari warna urat-urat daun berwarna hijau, baik urat daun primer maupun sekunder. Daun ini berbentuk bulat telur dengan pangkal daun tumpang tindih. Tangkai daun berbulu putih panjang.

Corak daunnya menarik, kecokelatan dengan peruratan hijau.

Bunga jantan memiliki empat tenda bunga, sedangkan bunga betina belum bisa diidentifikasi karena belum keluar. Sedangkan buahnya bersayap tiga berwarna hijau kemerahan.

 

 

Begonia perunggufolia. Foto: BRIN

 

Begonia perunggufolia 

Nama jenis ini diambil dari warna daunnya yang seperti perunggu.

Bunga jantan bertenda bunga sebanyak empat buah dan bunga betina bertenda bunga sebanyak tiga buah. Warna bunga jantan dan betina putih tidak berbulu. Buah bersayap tiga, berwarna hijau muda dengan tangkai buah kemerahan.

 

 

Begonia mursalaensis. Foto: BRIN

 

Begonia mursalaensis 

Jenis ini merupakan jenis endemik dari Pulau Mursala, Sumatera. Jenis ini mirip dengan jenis di daratan Sumatera tetapi memiliki ciri khas pada tangkai daun bagian atas dengan bulu-bulu merah yang tegak dan kaku.

Bunga jantan bertepal empat, dua diantaranya lebih besar dan berwarna kemerahan di bagian ujung. Bunga betina bertenda bunga tiga buah, salah satunya lebih kecil. Buah hijau bersayap tiga, berwarna hijau keputihan sampai hijau muda.

 

 

Exit mobile version