Mongabay.co.id

Mengapa Kucing Suka Makan Rumput?

 

 

Kucing merupakan hewan karnivora alias pemakan daging. Tetapi, ada kalanya hewan lucu ini memakan rumput. Mengapa?

“Saya biasanya melihat kucing makan rumput karena sakit, misalnya batuk,” terang Sahidah, warga Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Senin [11/04/2022].

Sahidah mengatakan, sejak lama memelihara kucing kampung. Pemandangan kucing memakan rumput, menurutnya, dilakukan tidak hanya pada kucing sakit, tapi juga yang sehat.

“Saat saya tanyakan kepada sejumlah orang yang punya kucing, kenapa kondisi itu terjadi. Jawabannya, karena lagi sakit,” ungkapnya.

Ibnu Hajar, masyarakat Kota Banda Aceh menuturkan, penampakan kucing makan rumput  umumnya terlihat pagi atau sore hari. Menurut dia, fenomena itu terjadi saat kucing lagi sakit. Rumput merupakan obat alaminya.

“Saya benar-benar belum tahu alasannya selain untuk obat,” ujarnya.

Baca: Tujuh Fakta Mengejutkan Mengenai Kucing di Rumah Kita

 

Kucing yang ternyata memiliki kebiasaan makan rumput. Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia

 

Praktisi satwa kecil dan dosen klinik Fakultas Kedokteran Hewan [FKH] Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, drh. Roslizawaty, M.P, menjelaskan, perilaku kucing  makan rumput adalah hal biasa. Semua kucing yang punya kesempatan bergerak di luar [tidak dikurung], dominan akan mengunyah rumput.

Ada beberapa manfaat dari perilaku ini. Diantaranya, mengunyah dan menelan rumput bagi kucing berfungsi sebagai pencahar alami.

“Serat rumput mengandung pencahar alami yang berfungsi mengeluarkan sesuatu yang sulit dicerna kucing. Misal, hairball atau cacing yang hidup dalam usus, serta tulang yang tertelan,” ujarnya.

Rosa juga menyampaikan, hasil studi sejumlah ilmuwan tahun 2019 menunjukkan, alasan paling utama kucing makan rumput adalah untuk mengeluarkan parasit dari usus dan juga hairball.

“Selain itu juga memudahkan proses muntah, untuk makanan yang terkadang sulit dicerna. Atau juga, tidak dapat dicerna seperti tulang dan bulu,” sambungnya.

Manfaat lain, untuk meningkatkan asam folat dalam tubuh kucing, karena sebagian besar tanaman mengandung asam folat.

“Selain itu juga juga berguna sebagai penghilang stres. Menikmati tekstur rumput berguna seperti healing pada kucing.”

Rosa menambahkan, terkadang kucing yang lepas atau punya kesempatan keluar dari rumah, jauh lebih sehat ketimbang kucing yang dikurung di rumah.

“Kucing yang dikurung di rumah harus diberi nutrisi tambahan guna mencukupi asam folatnya,” paparnya.

Baca: Mengenal Busok, Kucing Unik dari Pulau Raas

 

Memakan rumput ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan kucing. Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia

 

Menjaga kesehatan

Ferri Satriyani di Majalah Kementerian Kesehatan, Mediakom, menjelaskan bahwa dilansir dari laman Sciencemag, dalam sebuah survei yang dilakukan peneliti dari School of Veterinary Medicine University of California yang melibatkan 1.021 pemilik kucing, didapati bahwa kucing cukup sering menggigit tanaman hijau.

Rinciannya, sebanyak 71% kucing terlihat ngemil tanaman [enam kali sepanjang waktu pengamatan], 61% kucing [10 kali], dan 11% kucing [tidak memakan tumbuh-tumbuhan]. Menariknya, 91% dari kucing yang memakan tanaman terlihat normal tanpa tanda-tanda penyakit, serta hanya 27% yang melaporkan kucing muntah setelah makan tanaman atau rumput.

“Hasil survei ditampilkan pada kongres Internasional untuk Etologi Terapan ke-53 di Norwegia. Kesimpulannya, sangat tidak mungkin kucing menggunakan rumput sebagai obat,” tulis Ferri.

Namun, para peneliti percaya bahwa makan rumput merupakan cara kucing menjaga kesehatan. Tujuannya, merangsang aktivitas otot di saluran pencernaan dan memaksa parasit keluar dari usus.

“Sari dalam rumput mengandung asam folat yang baik bagi kesehatan kucing. Asam folat terdapat pada air susu induk kucing, berfungsi untuk memproduksi oksigen dalam darah. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia dan menghambat pertumbuhan kucing muda,” sebutnya.

Baca juga: Kucing Emas, Satwa Misterius di Lebatnya Hutan Sumatera

 

Mengunyah dan menelan rumput bagi kucing berfungsi sebagai pencahar alami. Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia

 

Setelah memakan rumput, kucing juga kerap muntah. Ini dikarenakan pencernaan kucing tidak memiliki sistem yang tepat untuk mencerna materi tanaman.

“Dengan memuntahkan rumput, kucing juga mengeluarkan benda-benda yang telah dimakan sebelumnya namun tidak dapat dicerna. Muntah akan membuat kucing merasa lebih baik,” jelasnya.

Menurut Feri, bagi para pencinta kucing, alangkah baiknya membiarkan kucing peliharaan memakan rumput.

“Namun harus dipastikan rumput yang dimakan tidak tercemar racun atau zat kimia berbahaya,” tegasnya.

 

 

Exit mobile version