Mongabay.co.id

Bagaimana Nasib Pohon-pohon di Indonesia?

Ibrahim dberi gelar Profesor oleh para peneliti dan pegiat lingkungan di Leuser karena kemampuannya yang luar biasa akan tumbuhan dan satwa liar di Leuser. Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia

 

 

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman tumbuhan sangat tinggi, termasuk juga jenis pohon.   

Menukil buku “100 Spesies Pohon Nusantara Target Konservasi Ex situ [2019]” karya Hendra Gunawan dari Pusat Litbang Hutan – KLHK, disebutkan bahwa dalam hal keanekaragaman hayati tumbuhan, negara kita menempati urutan kelima di dunia dengan lebih dari 38 ribu spesies yang 55 persen merupakan jenis endemik.

Sekitar 477 spesies [225 endemik] merupakan spesies pohon palem yang disebut tertinggi di dunia. Sementara, lebih dari setengah pohon penghasil kayu [350 jenis] sangat bernilai ekonomis.

Namun, laju kepunahan spesies tumbuhan sejalan dengan penggundulan hutan [deforestasi]. Bahkan, diperkirakan lebih tinggi dibandingkan laju kepunahan satwa.

“Aktivitas manusia pada tiga dekade penghujung abad 20 telah menghilangkan keanekaragaman hayati dalam jumlah yang sulit diukur. Dengan keterbatasan pengetahuan yang kita miliki, kita tidak mungkin dapat mengukur nilai kerugian sosial, ekonomi dan ekologis yang ditimbulkannya,” ungkap penulis dalam buku tersebut.

Ketua Forum Pohon Langka Indonesia [FPLI] Tukirin Partomihardjo, seperti ditulis Mongabay sebelumnya, menjelaskan dampak banyaknya pohon di Indonesia yang berkurang, bila tidak diimbangi penanaman.

“Sebagian besar spesies pohon menghadapi kepunahan, tidak terkecuali jenis pohon langka. Banyak cara untuk menyelamatkan pohon-pohon di Indonesia. Misalnya, ikut gerakan penanaman, mengurangi pemakaian produk yang berasal dari pohon, menyebarluaskan kepedulian pelestarian pohon, atau menanam pohon di sekitar rumah maupun kebun,” jelasnya.

Baca: Kepedulian Kita pada Pelestarian Pohon Masih Rendah?

 

Pohon berukuran besar ini berada di Hutan Leuser. Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia

 

Kondisi hutan kita

Buku berjudul “Strategi Konservasi 12 Spesies Pohon Prioritas Nasional 2019-2029” yang disusun Arief Hamidi, Kesumadewi Sri Yulita, Titi Kalima dan Agusti Randi, menjelaskan, merujuk Daftar Merah International Union for Conservation of Nature [IUCN], sebanyak 487 spesies pohon di Indonesia terancam punah. Sebanyak 55 spesies di antaranya, merupakan pohon berukuran besar.

Disebut juga, sebagian besar spesies pohon dalam Daftar Merah tersebut memiliki catatan khusus yang memerlukan pembaruan penilaian. Mengingat, sebagian besar penilaian terakhir dilakukan tahun 1998.

Para penulis mengatakan, meski telah dibatasi berbagai skema perdagangan kayu dan aturan pengelolaan, namun pemanenan tetap tinggi. Itu baru secara legal, yang ilegal atau pencurian jauh lebih banyak.

Sebagai contoh, data yang disajikan dalam buku tersebut menjelaskan, pada 2002 sebanyak 80 persen konsumsi kayu bulat di Indonesia dihasilkan dari aktivitas ilegal yang diperkirakan lebih dari 51 juta meter kubik per tahunnya. Angka ini belum termasuk penyelundupan kayu ekspor yang diperkirakan lebih dari 10 juta meter kubik per tahunnya.

“Penebangan kayu berlebihan berdampak pada rusaknya habitat hutan. Ironisnya, kehilangan kayu hutan secara masif tersebut tidak diimbangi dengan upaya konservasi sepadan sehingga ancaman kepunahan banyak spesies pohon hutan alam tidak terhindarkan,” ujar para penulis.

Baca: Terancam Punah, 30 Persen Spesies Pohon di Bumi akibat Penebangan dan Perubahan Iklim

 

Pohon ara terbesar yang terdapat di kawasan hutan Bukit Penyabung, Desa Pelangas, Kabupaten Bangka Barat. Foto: Nopri Ismi/Mongabay Indonesia

 

Merujuk data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan [KLHK] dalam buku “The State of Indonesia’s Forests 2020”, dijelaskan bahwa total luasan hutan Indonesia sebesar 120,5 juta hektar, di luar kawasan konservasi perairan seluas 5,3 juta hektar.

Total luas kawasan hutan Indonesia itu dikategorikan dalam tiga fungsi yakni hutan produksi seluas 68,8 juta hektar, hutan lindung seluas seluas 29,6 juta hektar, serta hutan konservasi seluas 22,1 hektar.

Berdasarkan kajian FWI [Forest Watch Indonesia] dalam kurun waktu 2013-2017 angka deforestasi hutan alam di Indonesia sebesar 5,7 juta hektar atau sekitar 1,46 juta hektar per tahun. Sekitar 2,8 juta hektar berada dalam konsesi dan 2,9 juta hektar berada di luar konsesi.

Menurut FWI, angka deforestasi tersebut seharusnya menjadi pemantik untuk mendalami lebih lanjut apa yang sebenarnya terjadi. Apakah akibat aktivitas illegal logging, kinerja konsesi yang belum sejalan dengan upaya pencegahan deforestasi, atau justru bagian dari deforestasi yang direncanakan.

Data yang dirilis GFW [Global Forest Watch], menunjukkan Indonesia memiliki lahan hutan primer seluas 93,8 juta hektar pada 2001. Namun dalam kurun 2002-2020, Indonesia justru  kehilangan luasan sekitar 9,75 juta hektar lahan hutan primer. Kondisi tersebut membuat Indonesia kehilangan 36 persen lahan tutupan pohon pada periode yang sama.

Baca juga: Menanam Pohon, Membangun Peradaban Manusia

 

Pepohonan tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan manusia tetapi juga untuk kehidupan satwa, lingkungan kita, dan alam semesta. Foto: Rhett Butler/Mongabay

 

KLHK melalui publikasi “The State of Indonesia’s Forest 2020” mengidentifkasi penyebab terjadinya deforestasi yaitu intensifkasi penebangan hutan alam di area konsesi; konversi kawasan hutan untuk penggunaan sektor lain, misalnya perluasan areal pertanian, kegiatan pertambangan, perkebunan dan transmigrasi; pengelolaan hutan yang tidak lestari; pembalakan liar; perambahan dan pendudukan lahan secara ilegal di kawasan hutan; serta kebakaran hutan dan lahan.

KLHK juga menjelaskan, penyebab deforestasi lainnya juga termasuk pembangunan infrastruktur, permintaan ekspor kayu, pertumbuhan dan kepadatan penduduk, urbanisasi dan perluasan kota, harga komoditas [kayu, sawit, batubara, bauksit, dan nikel], aksesibilitas geografs Indonesia ke pasar, kemiskinan, faktor keamanan, dan konfik penguasaan lahan.

Juga, besaran upah dan ketersediaan lapangan pekerjaan di luar sektor pertanian.

Selamat Hari Sejuta Pohon 2023

 

Exit mobile version