Mongabay.co.id

Makhluk Mirip Monster Loch Ness Terdampar di Pantai Timur Amerika

Seekor makhluk laut yang memiliki wujud tak biasa terdampar di sebuah pantai di Georgia, Amerika Serikat. Gambar-gambar, berita, dan spekulasi tentang hal ini menyeruak seketika di dunia maya, karena hewan ini memiliki kemiripan dengan monster Loch Ness yang hingga kini masih misterius.

Jeff Warre, seorang warga lokal,  menemukan bangkai hewan ini saat berperahu bersama anaknya di Wolf Island National Wildlife Refuge di Golden Isles, Georgia. Awalnya dia mengira hewan tersebut adalah bangkai anjing laut, namun setelah diperiksa lebih dekat, Jeff menyadari bahwa makhluk ini bukan anjing laut, dan dia belum pernah melihatnya sebelumnya. Dia kemudian mengambil gambar dan video hewan tersebut.

baca : Inilah 10 Makhluk ‘Aneh’ di Kedalaman Lautan

 

Seekor makhluk laut yang mirip monster Danau Lochness ditemukan di pesisir di sebuah pantai di Georgia, Amerika Serikat. Foto : Jeff Warren/savannahnow.com/sciencealert.com

 

Dalam foto-foto yang beredar, hewan ini memiliki leher panjang dan sirip di kedua sisinya, memiliki panjang 1,5 meter dan sekilas memang menyerupai gambaran monster  laut prasejarah Loch Ness, di dataran tinggi di Skotlandia.

Ketika foto makhluk ini mulai viral, banyak pengguna sosial media di kawasan tersebut yang menduga bahwa makhluk ini adalah Altamaha-ha,  makhluk mitos yang memiliki kemiripan dengan Loch Ness yang disebut-sebut menghuni sungai Altamaha, di barat Pulau Wolf, sebuah kawasan konservasi di Georgia, Amerika.

Ada juga yang menduga bahwa bangkai hewan dengan bentuk leher panjang dan kepala kecil ini juga mirip dengan Plesiosaurus, hewan prasejarah, reptil laut yang telah lama punah. Namun, plesiosaurus berukuran besar. Panjangnya bisa mencapai 3,5 meter, dan seberat 450 kilogram.

Jeff kemudian mengirimkan foto dan video kepada stasiun berita lokal hingga kemudian sampai US Fish and Wildlife Service untuk mendapatkan informasi tentang hewan aneh yang ditemuinya.

baca : 7 Satwa Mengagumkan yang Harus Anda Ketahui

 

Dan Ashe, Direktur US Fish and Wildlife Service mengatakan bahwa  ini bukan bangkai plesiosaurus,  monster Loch Ness atau Altamaha-ha. Menurut Ashe, dan kemungkinan besar ini adalah bangkai hiu penjemur atau basking shark. Menurutnya, kadang-kadang bangkai hiu penjemur yang sudah membusuk sedemikian rupa memang bisa menyerupai Plesiosaurus.

Pendapat serupa juga disampaikan Chantal Audran dari Tybee Island Marine Science Center, yang mengatakan bahwa hewan tersebut adalah hiu dalam kondisi dekomposisi tingkat lanjut.

“Seperti hiu laut dalam, yakni hiu berjumbai–Chlamydoselachus anguineus. Namun di foto itu, tidak kelihatan celah insangnya” kata Audran dikutip UPI.com.

baca : Pertama Kalinya Hiu Hantu Terekam Kamera. Ini Penampakannya…

Tara Cox, seorang profesor ilmu kelautan di Savannah State University, Georgia juga mengatakan bahwa bangkai makhluk itu tampak seperti hiu penjemur, Cetorhinus maximus.

Hiu penjemur atau basking shark adalah ikan terbesar kedua setelah hiu paus. Panjangnya bisa mencapai 10 meter. Geraknya lambat dan tidak berbahaya. Makhluk ini berjuluk the ultimate gentle giant.

“Setelah saya amati, hiu penjemur ternyata memang terlihat seperti ular laut mitologis atau prasejarah ketika sudah terurai,” ujar Cox.

Hingga kini, dugaan terus berlanjut dan belum dipastikan hewan apa yang terdampar tersebut, mengingat belum diadakan observasi lebih lanjut oleh para ahli. (berbagai sumber)

 

 

Exit mobile version