Mongabay.co.id

Video Gajah yang Mengeluarkan Asap Membuat Bingung Para Ilmuwan

Sebuah video pendek yang menunjukkan gajah liar di India menghembuskan asap dari mulutnya menjadi sangat viral di dunia maya beberapa hari ini. Dan para ilmuwan pun dibuat bingung karenanya.

Vinay Kumar, seorang ilmuwan yang tergabung dalam Wildlife Conservation Society (WCS) India, memfilmkan video sepanjang 48 detik itu dalam perjalanan ke hutan Nagarhole di negara bagian Karnataka pada bulan April 2016.

Dalam video pendek itu, gajah tersebut terlihat memasukkan sesuatu ke mulutnya dan kemudian asap keluar dari mulutnya tersebut.

baca : Studi: Gajah Kalimantan Telah Ada Sejak Ribuan Tahun Silam

 

Seekor gajah di India yang mengeluarkan asap. Foto : Vinay Kumar/WCS/lifescience.com

 

Namun Vinay baru merilis video itu karena tidak menyadari signifikasi video tersebut bagi ilmu pengetahuan, terutama untuk tujuan konservasi satwa.

Para ilmuwan mengatakan mereka masih belum bisa menemukan alasan mengapa gajah tersebut mengeluarkan asap.

“Saya yakin gajah itu  memakan arang kayu yang tersisa di hutan,” kata Varun Goswami dari WCS dan sekaligus ahli biologi gajah sebagaimana dilansir dari Live Science.  “Tampaknya ia mengambil potongan arang kayu dari tanah, meniupkan asap yang menyertainya, dan memakan sisanya,” sambungnya.

Arang-arang tersebut dikabarkan sebagai sisa pembakaran di jalur kebakaran hutan di area tersebut. Kemungkinan gajah memiliki kebiasan memakan arang untuk kesehatannya.

“Arang memiliki sifat pengikat racun yang dapat memberikan nilai obat,”  pungkasnya seperti dimuat BBC.

baca : Foto Gajah yang Dilempari Petasan dan Bola Api ini Memenangkan Penghargaan

 

 

Exit mobile version