Mongabay.co.id

Laba-Laba Peloncat, Predator Kecil Dari Semak Belukar

Kalau kita bertanya, hewan apa yang bisa kita temui di segala tempat, di muka bumi ini, mungkin jawaban yang paling mendekati hal itu adalah laba-laba. Ada sekitar 6080 species dalam 635 genera. Dan 13% diantaranya adalah adalah species Salticidae atau laba-laba peloncat.

Memang jika kita tidak perhatikan dengan seksama, mereka akan menghilang di dedaunan atau semak belukar. Itu karena ukurannya yang kecil dan keahliannya bersembunyi. Seekor laba-laba peloncat bisa dengan cepat merayap ke balik daun jika ada sesuatu yang mereka anggap sebagai ancaman.

Beberapa spesies Salticidae atau laba-laba peloncat, memiliki penglihatan terbaik di antara artropoda lainnya, dan menggunakannya dalam perkawinan, berburu, dan navigasi. Meskipun mereka biasanya bergerak dengan tenang dan cukup lambat, sebagian besar spesies mampu meloncat sangat lincah, terutama ketika berburu, atau kadang-kadang sebagai respons terhadap ancaman mendadak.

baca : Foto: 9 Laba-laba Paling Aneh yang Harus Anda Ketahui

 

Laba-laba peloncat atau Salticidae. Laba-laba merupakan hewan yang paling banyak ditemukan di berbagai tempat, dengan jumlah 6080 species dalam 635 genera. Foto : Anton Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Laba-laba peloncat biasanya dikenali dari susunan matanya. Semua laba-laba peloncat memiliki empat pasang mata dengan satu pasang secara khusus menjadi mata anterior median besar mereka. Mata anterior besar Salticidae menjadi alat penglihatan tiga dimensi yang sangat jelas dengan tujuan untuk memperkirakan jangkauan, arah, dan karakter mangsa potensial, sehingga memungkinkan laba-laba untuk mengarahkan lompatan menyerangnya dengan sangat presisi.

Mata anterior lateral, meskipun besar, tetapi lebih kecil daripada mata anterior median dan memberikan lingkup penglihatan ke depan yang lebih lebar. Empat mata di baris belakang bisa digambarkan sangat menyimpang letaknya, atau tersusun kembali menjadi dua baris, dengan dua mata posterior lateral besar sangat jauh di belakang. Empat mata tersebut digunakan untuk penglihatan lateral.

baca juga : Foto: Laba-laba juga Bisa Berkamuflase

 

Laba-laba peloncat (Salticidae) mudah dikenali dari susunan matanya empat pasang mata dengan satu pasang secara khusus menjadi mata anterior median dengan penglihatan tiga dimensi yang sangat jelas. Foto : Anton Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Perilaku berburu dari laba-laba peloncat sangat beragam dibandingkan dengan kebanyakan laba-laba di keluarga lain. Laba-laba jenis ini berburu secara terbalik dari aturan yang seharusnya, yang konsisten dengan sistem visual mereka yang sangat berkembang. Ketika mendeteksi mangsa potensial, laba-laba melompat biasanya mulai mengorientasikan dirinya dengan memutar cephalothorax untuk membawa mata median anterior sebagai tumpuan. Kemudian menggerakkan perutnya ke garis dengan cephalothorax.

Setelah itu, mungkin menghabiskan beberapa waktu untuk memeriksa objek perhatiannya dan menentukan apakah mangsa yang disamarkan atau diragukan menjanjikan, sebelum mulai berjalan perlahan ke depan. Ketika cukup dekat, laba-laba berhenti untuk memasang dragline, lalu melompat ke mangsa.

Namun demikian, ada banyak aspek yang mengejutkan. Untuk satu hal, laba-laba peloncat tidak selalu mengikuti jalan lurus dalam mendekati mangsa. Mereka mungkin mengikuti jalan memutar, melewati daerah-daerah yang tidak dapat dilihat mangsanya mereka melakukan putaran panjang dari satu semak ke tanah, kemudian naik ke batang semak untuk menangkap barang mangsa di daun tertentu. Perilaku seperti itu, sampai sekarang masih menjadi subjek penelitian para ahli. Semut merupakan salah satu mangsa favorit si laba-laba peloncat. walaupun sebagian besar laba-laba menghindari semut.

menarik dibaca : Foto: Laba-laba Bisa Hidup Tanpa Batas Waktu?

 

Laba-laba peloncat atau Salticidae mempunyai perilaku berburu yang unik disbanding jenis laba-laba lain. Foto : Anton Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Laba-laba ini hampir tidak mungkin membangun jaring selain yang digunakan dalam kegiatan reproduksi, dan faktanya, kebanyakan spesies benar-benar tidak membangun jaring untuk menangkap mangsa. Dalam perburuan, laba-laba peloncat juga menggunakan sutra mereka untuk ditambatkan, untuk memungkinkan mereka mencapai mangsa yang jika tidak akan dapat dijangkau.

Laba-laba pelompat ini melakukan penampilan untuk kawin yang unik,yaitu menggunakan kedua gerakan dan atribut fisik tubuh. Tidak seperti betina, yang jantan memiliki rambut berbulu, rambut berwarna atau warna-warni, pinggiran kaki depan, struktur pada kaki lainnya.

baca : Mengintip ‘Rumah’ Tarantula dari Sibolangit

 

Laba-laba pelompat ini melakukan penampilan untuk kawin yang unik,yaitu menggunakan kedua gerakan dan atribut fisik tubuh. rambut berbulu, rambut berwarna atau warna-warni, pinggiran kaki depan. Foto : Anton Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Dan ada hal unik lainnya yaitu ketika masuk musim kawin, laba-laba pelompat ini melakukan ‘tarian’, di mana bagian-bagian tubuh yang berwarna atau berwarna-warni ditampilkan. Selain pajangan rambut, laba-laba yang melompat melakukan gerakan sideling, vibrational, atau zigzag yang rumit untuk menarik perhatian si betina.

Spesies ini sangat bervariasi dalam komponen-komponen visual dan getaran masa kawin. Banyak spesies memiliki bercak refleksi UV, yang dipamerkan pada jantan dewasa. Kemampuan visual ini digunakan oleh beberapa laba-laba lompat betina untuk pilihan pasangan.

Dimorfisme ukuran tubuh tampaknya berperan dalam kompetisi para pejantan, di mana pejantan bertubuh lebih besar akan lebih kuat untuk menelikung pesaing sehingga tidak bisa melawan. Karena laba-laba yang lebih besar memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memenangkan pertarungan, mereka juga memiliki kesempatan lebih besar untuk berhasil kawin dan akan disukai oleh seleksi seksual.

 

Exit mobile version