Mongabay.co.id

Satwa ini Mengeluarkan “Senjata” yang Begitu Lekat dan Banyak di Saat Terancam

 

 

Sepintas, ikan hagfish ini terlihat sangat mirip belut. Meski begitu, para ahli dapat membedakannya, karena hagfish, tidak seperti ikan lainnya, tidak memiliki tulang punggung dan rahang.

Ikan ini juga memililki pertahanan diri luar biasa, menyerang predator dengan lendir di tubuhnya. Itu sebabnya, hagfish sering dijuluki hewan paling menjijikkan di laut [bahkan di Bumi].

Makhluk ini menggunakan empat pasang tentakel sensorik tipis di sekitar mulut untuk berburu mangsa. Begitu menemukan makanan, ia akan memasukkan kepalanya, memakan tubuh mangsanya dari dalam. Menurut penelitian, hagfish juga makan melalui kulit dan insang. Tak heran bila ikan buta ini berusaha menelusup ke lubang bangkai mahluk yang mati. Ia akan menyerap nutrisi berkonsentrasi tinggi.

Adakah keunikan lain? Ya, ikan ini bisa mengeluarkan lendir begitu banyak dan lengket. Hagfish menghasilkan lendir saat diserang atau ketika berada dalam tekanan.

Baca: Inilah Stargazer, Ikan Bermuka Unik

 

Seekor hagfish. Foto : wikimedia commons

 

Pada 14 Juli 2017, sebuah truk penuh hagfish terbalik di jalan raya Oregon, AS yang sesungguhnya akan dikapalkan ke Korea Selatan [untuk dikonsumsi]. Tanpa disangka, mobil-mobil yang tak sengaja melindasnya, diselimuti lendir berbau menyengat. Ini menunjukkan lendir mampu melindungi hagfish dari berbagai predator laut.

Biasanya, hagfish akan melepaskan sekitar satu sendok teh lendir dari 100 kelenjar yang melapisi sayapnya. Selanjutnya, kurang setengah detik, jumlah itu bertambah 10.000 kali, cukup mengisi ember besar. Jika kita masukkan tangan ke ember, niscaya saat tangan diangkat, ember akan terangkat juga, saking lengketnya.

Baca: Begini Uniknya Si Mungil Pipefish, Ikan Kecil Kerabat Si Kuda Laut

 

Jenis Pacific hagfish yang bersembunyi di bawah batu dalam Vancouver Aquarium. Sumber: Wikimedia Commons/Stan Shebs/CC BY-SA 3.0

 

Lendir hagfish sebenarnya bahan menakjubkan dari molekul protein dan gula yang dikenal sebagai musin. Tidak mengering dan mengeras seiring berjalannya waktu, tetap lengket.

Lendir ini lima kali lipat lebih kuat dari baja dan hampir setara keampuhannya dengan serat laba-laba. Lendir yang berbahan utama protein intermediate filament (IF) terdiri dari jaringan serat benang super tipis berdiameter 12 nanometer, panjangnya 15 sentimeter. 100 kali lebih tipis dari rambut manusia, tetapi 10 kali lebih kuat dari nilon.

Baca juga: Ubur-ubur Tanpa Sengat, Biota Unik di Danau Air Asin Papua Barat

 

 

Menurut para ahli, lendir ikan hagfish jauh lebih halus dari jelly. Bahkan, dianggap bahan terlembut yang pernah ditemui. “Jelly bisa 100.000 kali lebih kaku dari lendir hagfish,” kata Randy Ewoldt dari University of Illinois di Urbana-Champaign. “Ketika Anda melihatnya di ember, hampir tak beda dengan air. Hanya ketika Anda memasukkan tangan, baru Anda sadar, bahkan lendir itu lekat,” ujarnya sebagaimana dikutip dari The Atlantic.

 

 

Saat ini, diperkirakan 76 spesies hagfish, sebagaimana dilansir dari Smithsonian.com, hidup di perairan dingin di seluruh dunia, dari yang dangkal hingga 1.700 meter. Laporan IUCN 2011 menyatakan, sekitar 12% spesies hagfish berada pada risiko tinggi kepunahan. Satu spesies hagfish [Kritis], dua [Genting], enam [Rentan], dan dua jenis berstastus Mendekati Terancam Punah. [Berbagai sumber]

 

 

Exit mobile version