Mongabay.co.id

Kehidupan Satwa Liar di Leuser Belum Lepas dari Ancaman Perburuan

 

 

Satwa liar yang berada di hutan Kawasan Ekosistem Leuser [KEL] masih saja terancam akibat kegiatan ilegal, terutama perburuan. Sejumlah lembaga masyarakat telah bekerja keras, mulai dari patroli mencegah terjadinya perburuan hingga menyelamatkan satwa yang berkonflik dengan manusia, di hutan tersebut.

Tezar Fahlevi, Koordinator Monitoring dan Penegakan Hukum Forum Konservasi Leuser [FKL] mengatakan, saat pertama FKL melakukan patroli, hanya ada dua tim. Kegiatan ini penting dilakukan untuk menjaga kehidupan badak sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, orangutan sumatera dan satwa liar dilindungi lainnya.

“Saat ini FKL telah memiliki 28 tim patroli dan diperkuat tim penanganan konflik satwa dengan manusia yang telah keliling hampir di semua area hutan KEL,” terang Tezar dalam diskusi webinar bertajuk Inisiatif Perlindungan Satwa di Kawasan Ekosistem Leuser untuk Kehidupan Berkelanjutan, Kamis [05/11/2020].

Dia mengatakan, data-data berupa temuan satwa liar, ancaman terhadap perburuan maupun pengrusakan habitat diserahkan kepada pemerintah. Dengan begitu, bisa dijadikan bahan kebijakan terkait penegakan hukum.

“Kami melihat, semakin banyak patroli dilakukan berdampak pada menurunnya kasus perburuan.”

Baca: Demam Bunga Jangan Berdampak pada Rusaknya Hutan Leuser

 

Hutan Leuser tempat hidupnya sejumlah satwa liar dilindungi, termasuk gajah, harimau, badak, dan orangutan sumatera. Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia

 

Tezar mengungkapkan, pada 2017, tim patroli FKL bersama pemerintah menemukan 729 kasus perburuan dengan jumlah perangkap satwa yang dimusnahkan 814 unit. Jumlah pondok yang dibuat sebanyak 191 unit dan pemburu yang terpantau 65 orang.

Tahun 2018, kasus perburuan 613 kasus dan jumlah jerat yang ditemukan 843 unit. Jumlah pondok pemburu sebanyak 176 unit dan pemburu yang ditemukan 38 orang.

“Pada 2019 kembali turun. Perburuan hanya 275 kasus dengan jumlah dimusnahkan 288 unit. Pondok pemburu sekitar 120 unit dan pemburu sebanyak 18 orang,” ungkapnya.

Wilayah yang banyak ditemukan perangkap satwa adalah Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Selatan, dan Aceh Tenggara.

“Keseluruhan, perangkap ditemukan di semua daerah yang wilayahnya masuk KEL. Semakin rutin patroli dilakukan, perburuan satwa semakin menurun,” paparnya.

Baca: TNGL Belum Aman dari Ancaman Pembalakan dan Perambahan

 

Tidak hanya penting bagi kehidupan satwa, hutan Leuser juga sangat bermanfaat bagi masyarakat. Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia

 

Penyelamatan orangutan sumatera 

Direktur Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre [YOSL-OIC], Fransisca Ariantiningsih menjelaskan, lembaganya selalu melakukan upaya terbaik untuk penyelamatan orangutan sumatera.

Di KEL, orangutan sumatera tersebar dalam delapan populasi yang terfragmentasi. “Delapan populasi ini tidak tersambung hutannya telah berubah menjadi perkebunan. Habitat menyempit, menyebabkan konflik orangutan dengan manusia sering terjadi, selain itu, orangutan juga menyukai buah-buahan yang sama dengan manusia.”

Fransisca mengatakan, selain membantu pemerintah dalam upaya penyelamatan orangutan, pihaknya juga ikut menangani konflik orangutan dengan manusia.

Data YOSL-OIC menunjukkan, sejak 2012 hingga 2019, sebanyak 84 orangutan dievakuasi, baik yang berkonflik atau yang terjebak di kebun. “Aceh Selatan merupakan daerah paling banyak [40 individu], diikuti Aceh Tamiang [29 individu]. Sebagian orangutan yang dievakuasi kadang terluka akibat peluru senapan angin yang jumlah tidak satu butir.”

Baca: Hutan Leuser Rusak Akibat Perambahan dan Pembalakan Liar

 

Orangutan merupakan satwa yang hidup di hutan Leuser. Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia

 

YOSL-OIC juga menerima penyerahan orangutan peliharaan masyarakat dan hasil sitaan dari pemburu atau penjual satwa. “Dari 2012 hingga 2019, jumlah penyerahan sebanyak 12 individu. Kabupaten Aceh Timur paling banyak [5 individu], sementara penyitaan dari periode yang sama berjumlah 36 individu.”

Terkait orangutan peliharaan, Fransisca menambahkan, biasanya untuk mendapatkan anakan, maka induknya dibunuh oleh pemburu. Induk orangutan sangat menjaga anaknya. “Ini alasan sering ditemukan peluru senapan angin.”

Apa yang bisa dilakukan masyarakat untuk penyelamatan orangutan? Fransisca mengatakan, biarkan orangutan hidup di hutan, rumahnya. Jangan diperdagangkan, atau dikurung di kandang.

“Satwa itu hidupnya di rimba belantara bukan di rumah kita,” jelasnya.

Baca: Jerat Satwa Masih Ancaman Utama Kehidupan Badak Sumatera di Leuser 

 

Badak sumatera yang hidupnya berpacu dengan kepunahan. Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia

 

Kopi konservasi

Selain dari LSM, hadir pula Danurfan, CEO Leuser Coffee, warung kopi di Banda Aceh yang mengembangkan konsep kopi konservasi.

Danurfan menjelaskan, siapapun bisa membantu menyelamatkan satwa liar dan habitatnya, termasuk  pengusaha atau pebisnis. “Leuser Coffee berkomitmen kuat, termasuk mengkampanyekan pentingnya menjaga hutan agar kualitas dan citarasa kopi tidak rusak.”

Selain kampanye, Leuser Coffee juga melakukan tindakkan nyata dengan menyisihkan keuntungannya untuk penyelamatan satwa dilindungi.

“Saat ini, kami menjual kopi untuk membantu konservasi penyu yang dilakukan komunitas masyarakat di Kabupaten Aceh Jaya. Sebelumnya, kami ikut membantu penyelamatan anak gajah yang terluka akibat jerat pemburu.”

 

Berbagai jerat yang dipasang pemburu di Kawasan Ekosistem Leuser yang telah dimusnahkan oleh tim Forum Konservasi Leuser. Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia

 

Direktur Katahati Institute Raihal Fajri, mengatakan pihaknya mengelola Rumah Kaki Langit sebagai rumah pengetahuan masyarakat sipil Aceh, yang membantu pemerintah melindungi satwa dilindungi dan terancam punah di KEL.

Rumah Pengetahuan Kaki Langit mengumpulkan pengetahuan peran masyarakat sipil di Aceh, termasuk dalam isu lingkungan. Mereka diberikan kesempatan menyampaikan apa yang telah mereka lakukan dalam penyelamatan satwa liar dan habitatnya di KEL.

“Kegiatan yang mereka lakukan akan menjadi pengetahuan lembaga lain dan mendorong banyak orang untuk terlibat dalam kegiatan mulia ini,” tegasnya.

 

 

Exit mobile version