Mongabay.co.id

Tenggelamnya Savana Sundaland, Hilangnya Spesies Megafauna di Pulau Bangka

 

 

Pada 2019, ditemukan sejumlah fosil kerangka gajah di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Fosil tersebut terdiri dari gigi, tulang belakang, tulang lengan, dan sejumlah fragmen tulang lainnya. Penemuan ini sungguh mengejutkan, sebab selama ratusan tahun terakhir, tidak ditemukan gajah di Pulau Bangka, seperti di Pulau Sumatera. Apakah dulunya ada daratan penghubung Pulau Bangka dengan Pulau Sumatera?

“Dari hasil penelitian kami, usia fosil diperkirakan 16.000 – 25.000 tahun lalu. Ini adalah Elephas maximus, subspesies gajah asia yang sama dengan gajah sumatera yang masih hidup hingga hari ini,”  kata Julien Louys, dari Griffith University, Australia, dalam webinar Paleo Talk Institut Teknologi Bandung [ITB], tahun 2020 lalu.

Dari fosil tersebut, diketahui bahwa spesimen dari Elephas maximus yang mereka temukan di Pulau Bangka, hidup pada masa Pleistosen akhir [penghujung zaman es] dengan kondisi lingkungan berupa hutan yang sangat lembab atau basah.

“Artinya, Pulau Bangka dulunya adalah wet forest, kondisi yang sangat berbeda dengan hari ini. Di mana terdapat banyak aktivitas pertambangan timah yang memberikan dampak buruk bagi hutan di Pulau Bangka,” lanjutnya.

Julien Louys menjelaskan, ketika berada di lokasi penelitian [Desa Nibung], mereka sempat kesulitan menemukan formasi sedimen yang diduga terdapat fosil. Hal ini dikarenakan, di sekitar lokasi sudah ditambang timah, sehingga merubah formasi sedimen secara signifikan.

“Pada saat pencarian kami tidak menemukan fosil apa pun. Namun, kami berhasil mendapatkannya dari seorang warga yang berbaik hati memberikan fosil tersebut,” katanya.

Saat ditelusuri, lokasi ditemukannya fosil sudah berubah menjadi kolong [lubang eks tambang]. “Kemungkinan besar ada banyak fosil yang terkubur di Pulau Bangka, akan tetapi akan lebih sulit mencarinya, karena formasi tanah yang sudah teraduk-aduk oleh aktivitas penambangan timah,” lanjutnya.

Baca: Di Masa Lalu, Apakah Pulau Bangka dan Sumatera Terhubung?

 

Ilustrasi kehidupan di sekitar koridor savana Sundaland, dimana terdapat homo erectus, stegodon, badak, serta spesies penggembala seperti kerbau purba. Foto: Screenshoot webinar Paleo Talk/Julien Louys

 

Penyebab kepunahan gajah di Pulau Bangka

Hingga saat ini, tidak ada satu pun spesies megafauna [gajah, harimau, tapir dsb.] yang tersisa di Pulau Bangka. Mengapa?

Dijlelaskan Julien Louys, berdasarkan hasil penelitian terhadap fosil gigi gajah Elephas maximus di Pulau Bangka, menunjukan selama masa hidup gajah tersebut, terjadi kondisi alam terkait perubahan iklim setiap 15 tahun sekali.

“Perkiraan kami, peristiwa tersebut bisa saja “siklus 11 tahun matahari” atau “El-Nino”, yang dampaknya cukup nyata bagi iklim dan vegetasi global,” katanya.

Baca: Tambang Timah yang “Melubangi” Jejak Rempah Nusantara di Pulau Bangka

 

Spesimen fosil gajah yang ditemukan di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Foto: Screenshoot webinar Paleo Talk/Julien Louys

 

Mika Rizki Puspaningrum, peneliti Paleontologi dan Geologi Kuarter dari ITB [Institut Teknologi Bandung] mengatakan, penyebab kematian gajah di Pulau Bangka belum diketahui secara pasti.

“Penemuan satu spesimen saja belum cukup untuk menentukan penyebab kematian gajah tersebut. Diperlukan temuan-temuan fosil lainnya atau sebuah site yang terdapat banyak sebaran fosil atau alat-alat perburuan dan sebagainya,” katanya, Rabu [13/10/2021].

Oleh karena itu, penyebab kematian gajah di Pulau Bangka, “Bisa karena perburuan atau perubahan iklim.”

“Atau bisa juga karena daya dukung lingkungan yang kurang. Karena spesies megafauna seperti gajah, memerlukan wilayah jelajah luas, serta sumber makanan yang cukup,” lanjutnya.

Apakah ada kemungkinan spesies-spesies tersebut melakukan migrasi atau berpindah ke pulau yang lebih besar seperti Sumatera, yang memiliki wilayah jelajah lebih luas?

“Proses migrasi tersebut bisa saja terjadi, apabila terdapat sebuah jembatan darat yang menghubungkan kedua pulau tersebut. Sementara saat ini, Pulau Bangka sudah terisolasi dari pulau lainnya,” tegasnya.

Baca: Rempah dan Jejak Peradaban Bahari di Kepulauan Bangka Belitung

 

Fosil gajah di Pulau Bangka adalah Elephas maximus, spesies yang sama dengan gajah di Sumatera. Foto: Nopri Ismi/Mongabay Indonesia

 

Teori koridor savana

Pulau Bangka menjadi wilayah penelitian yang strategis dalam upaya mengetahui bagaimana kondisi lingkungan Paleo Sumatera selama periode Pleistosen. Hal ini dikarenakan, daratan Pulau Bangka berada di tengah koridor savana yang membentang dari wilayah biogeografi Indochina ke Pulau Jawa.

Berdasarkan Jurnal Nature edisi 7 Oktober 2021, berjudul “Environmental drivers of megafauna and hominin extinction in Southeast Asia” oleh Julien Louys dan Patrick Roberts yang dipublikasikan tahun 2020, koridor savana ini mulai terbentuk pada Pleistosen awal di Sundaland, sementara di wilayah Indohcina masih berupa hutan kanopi campuran.

Baca: Kisah Pilu Dugong di Perairan Pulau Bangka

 

Daratan Pulau Bangka yang didominasi penambangan timah. Para peneliti menduga ada sejumlah fosil yang tertimbun atau hilang akabiat aktivitas ini. Foto: Nopri Ismi/Mongabay Indonesia

 

Dikutip dari Wikipedia, yang mengutip sejumlah penelitian, Sundaland meliputi Paparan Sunda, sebuah perpanjangan landas kontinen Asia Tenggara yang stabil secara tektonik dan pernah ada selama periode glasial 2 juta tahun lalu.

Wilayahnya, selain Semenanjung Malaya, Kalimantan, Jawa, dan Sumatera, juga Laut Jawa, Teluk Thailand, dan bagian-bagian Laut China Selatan. Luasnya sekitar 1.800.000  kilometer persegi, setara ukuran Eropa.

Koridor savana tersebut terbentuk pada Pleistosen tengah. Savana terbuka membentang di Indochina dan Sundaland. Walaupun savana di Indochina lebih banyak berhutan daripada savana Sundaland, namun beberapa hutan terbuka tetap ada.

Berikutnya, hutan berkanopi tertutup muncul di Indochina selama Pleistosen akhir, sementara sebagian besar Sundaland mulai berganti dengan hutan berkanopi tertutup.

“Pada masa Holosen, kedua wilayah tersebut yang awalnya terdapat koridor sabana, berubah menjadi wilayah yang didominasi oleh hutan berkanopi tertup,” tulis jurnal tersebut.

Menurut Julian Loys, kehadiran koridor savana ini sangat penting. “Karena memungkinkan terjadinya perpindahan Homo Erectus serta spesies megafauna seperti Stegodon [gajah purba], badak, serta spesies kerbau purba, dari satu wilayah ke wilayah lainnya,” katanya.

Baca: Uniknya Gajah Borneo, Ukurannya Kerdil dan Hanya Ada di Kalimantan

 

Foto udara Selat Bangka, yang sempat menyatu menjadi daratan Sundaland pada periode Pleistosen. Foto: Nopri Ismi/Mongabay Indonesia

 

Kepunahan dan adaptasi

Dalam penelitian yang sama juga menjelaskan bagaimana sejumlah spesies mengalami kepunahan, saat terjadi perubahan lingkungan [naiknya permukaan air laut], dari yang awalnya berupa hutan, berubah menjadi savana, dan kembali menjadi hutan pada periode Pleistosen.

Salah satu spesies yang terdesak bahkan hilang akibat perubahan tersebut adalah semua taksa hominini [primata] yang ada di Asia Tenggara, selama Pleistosen tengah dan awal Pleistosen akhir.

“Hal ini dikarenakan hominini tidak dapat beradaptasi ke habitat hutan hujan tropis yang mendominasi Asia Tenggara saat itu, nasib hominini sama dengan hiena. Baik hiena atau hominini sangat bergantung pada habitat savana dan lingkungan hutan campuran,” tulis jurnal tersebut.

Sementara itu, saat terjadi perluasan savana di wilayah Indochina utara pada Pleistosen tengah yang awalnya didominasi hutan, diperkirakan telah menyebabkan kepunahan spesies kera terbesar yang pernah ada, yakni Gigantopithecus blacki serta spesies panda purba Ailuropoda wulingshanensis.

Namun, di balik kepunahan sejumlah spesies diatas, ada sejumlah spesies yang mampu bertahan dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan selama periode Pleistosen hingga saat ini.

Seperti Homo Sapiens yang tiba pada wilayah tersebut [Sundaland-Indochina] sekitar 72-45 ribu tahun yang lalu. Selanjutnya, ada spesies hewan berkuku genap atau spesies penggembala seperti kerbau purba [Bubalus palaeokerabau dan Duboisia santengI], serta sejumlah spesies megafauna seperti badak, gajah, dan tapir.

Baca juga: Apakah Orang Pendek di Hutan Sumatera Ada?

 

Peta subregional Indochina dan Sunda, serta koridor luas koridor savana. Peta: CartoGIS CAP Australian National University 20-217

 

Tetapi, meskipun sejumlah spesies di atas mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan dari periode pleistosen hingga saat ini, spesies-spesies tersebut tergolong rentan. Ini dikarenakan hilangnya sumber makanan serta lingkungan savana yang sempat menopang kehidupan mereka, ditambah laju degradasi hutan akibat beragam aktivitas antropogenik hari ini.

“Dari keragaman hominin yang dulunya tinggi di wilayah tersebut, hanya spesies kita [Homo Sapiens] yang cukup beradaptasi dengan kondisi yang berubah,” tulis jurnal tersebut.

Saat ini, kembalinya ke kondisi padang rumput yang lebih terbuka [deforestasi] dengan perkembangan manusia, perkebunan, dan pertumbuhan populasi sebagai pendorong utamanya, menjadi ancaman terbesar bagi beberapa mamalia yang paling terancam punah di dunia, serta keberlanjutan jangka panjang populasi manusia di kawasan ini, dan di seluruh daerah tropis secara keseluruhan.

“Kami ingin menunjukkan bahwa, sementara nasib spesies kita sendiri berubah menjadi lebih baik dengan kedatangan komunitas hutan hujan endemik yang khas, kita sekarang berada dalam bahaya, karena perlahan menghancurkan ekosistem ini untuk selamanya,” tulis jurnal tersebut.

 

 

Exit mobile version