Mongabay.co.id

Kisah Warga Karimun Selamatkan Pesisir Rusak dengan 1000 Bibit Mangrove di Hari Lingkungan Hidup

 

Pohon mangrove siapi-api berjejer berdiri tegak di sepanjang pesisir Kampung Ambat Jaya, Desa Pangke, Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Senin, 5 Juni 2023. Perlahan air laut yang pasang membasahi akar pohon mangrove berjenis Avicenna sp. itu.

Namun ada yang berbeda di pesisir laut satu ini, pohon siapi-api bak tumbuh di lumpur berwarna abu-abu. Semakin ke tengah laut lumpur ini semakin dalam, bahkan sampai sepinggang orang dewasa.

Dulunya pesisir ini merupakan pasir pantai yang indah, banyak terdapat ikan dan udang yang menjadi zona tangkap nelayan kecil Desa Pangke. Sekarang sudah berubah menjadi lumpur yang dalam.

“Puluhan tahun lalu, nelayan sangat gampang cari ikan, ketam dan udang, tinggal turun dapat, sekarang lihat sendiri,” kata Ketua LSM lingkungan Akar Bhumi Indonesia Sony Herianto menunjukan lokasi penanaman mangrove, Senin, 5 Juni 2023.

Tim Advokasi Akar Bhumi Indonesia, kata Sony, sudah melakukan penelusuran sementara terkait penyebab kerusakan pesisir Kampung Ambat Jaya. Mereka menduga reklamasi yang terjadi di sekitar kampung menimbulkan sedimentasi laut dan terbentuknya lumpur.

baca : Nasib Nelayan Pesisir Batam Kala Hutan Mangrove Terkikis

 

Kondisi pesisir laut di Kampung Ambat Jaya, Karimun, Kepulauan Riau yang rusak. Foto : Yogi Eka Sahputra/Mongabay Indonesia

 

Kondisi itu membuat masyarakat bersama LSM melakukan penanaman mangrove jenis Rizhopora sp. guna mendukung pertumbuhan pohon siapi-api untuk memulihkan pesisir kampung Ambat Jaya.

Sebanyak 1.000 bibit mangrove sudah mulai ditanam masyarakat sejak tiga hari menjelang peringati Hari Lingkungan Hidup. Tahap awal ditanam sebanyak 800 bibit. Sisanya ditanam pada acara puncak perayaan Hari Lingkungan pada 5 Juni oleh berbagai pihak dari masyarakat, Pemerintah Kabupaten, TNI-Polri, perusahaan, dan mahasiswa.

Kondisi lumpur di kawasan itu setinggi pinggang orang dewasa menyulitkan proses penanaman. “Kita berharap akar-akar pohon mangrove ini bisa mengikat lumpur ini nantinya, perlahan pesisir akan pulih kembali,” kata Sony.

Penyuluh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karimun Heni mengapresiasi aksi kepedulian masyarakat untuk memulihkan pesisir itu dengan penanaman mangrove. Hal itu sebagai kontrol untuk pembangunan yang dilakukan. “Karena menjaga lingkungan menyangkut kehidupan kita di kampung ini, survive untuk anak cucu,” katanya.

baca juga : KKP Gencar Stop Reklamasi Ilegal di Batam, Apakah Cukup Sanksi Administratif?

 

Berbagai lintas intansi dan masyarakat menanam bibit mangrove di pesisir Ambat Jaya, Karimun, Kepulauan Riau, untuk memulihkan pesisir mereka yang rusak. Foto : Yogi Eka Sahputra/Mongabay Indonesia

 

Tantangan Pelestarian Mangrove

Setelah acara penanaman, dilanjutkan diskusi terkait pelestarian mangrove pada malam harinya di alam terbuka di pesisir Kampung Ambat Jaya. Berlatarkan hutan mangrove dan bunyi debur ombak yang sedang pasang seolah menjadi instrumen musik diskusi.

Dalam diskusi, Heni dari DLH Karimun menyampaikan pentingnya melestarikan mangrove. Setidaknya Kepri memiliki luasan mangrove 70 ribu hektar, namun 34 ribu hektare dikategorikan kritis.

Heni menyebutkan, ada beberapa tantangan dalam pelestarian mangrove, terutama alih fungsi lahan untuk pembangunan dan kegiatan ekonomi, dan pemukiman penduduk. “Meskipun begitu itu semua perlu kita kontrol sama-sama agar tidak menyalahi aturan,” katanya.

Hal itu juga dikatakan Harianto perwakilan Balai Penegakan Hukum (Gakkum) KLHK Sumatera dalam diskusi tersebut. Ia mengatakan, terdapat tiga tantangan besar dalam pelestarian mangrove terutama di Kepri, yaitu reklamasi untuk pembangunan, deforestasi atau penebangan pohon mangrove, hingga pencemaran limbah.

“Kami terus melakukan pengawasan terkait adanya pelanggaran lingkungan, kami juga siap menerima laporan pengaduan dari masyarakat,” katanya.

baca juga : Laut Tercemar Minyak Hitam, Ratusan Nelayan Batam Tak Bisa Melaut

 

Infografis lokasi penanaman mangrove di Kampung Ambat Jaya, Karimun, Kepulauan Riau. Infografis : Yogi Eka Sahputra

 

Penanggung Jawab Wilayah Kerja PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Tanjung Balai Karimun Anton Suanda mengatakan, ekosistem mangrove termasuk bagian pengawasan PSDKP. Karena, ekosistem ini sangat penting untuk kehidupan pesisir laut.

Apalagi di Karimun ini banyak nelayan kecil melaut dipesisir yang bergantung dari ekosistem mangrove. “Nanti kita sama-sama melakukan pengawasan, ketika ada pelanggaran bisa juga dilaporkan ke kami,” kata Anton.

Pendiri Akar Bhumi Indonesia Hendrik Hermawan mengatakan, penanaman mangrove Amat Jaya bukan soal jumlah mangrove yang di tanam, tapi lebih kepada kualitas untuk pemulihan pesisir yang rusak. “Kita harus jaga mangrove ini tetap tumbuh, secara berkala masyarakat akan memberikan laporan bagaimana pertumbuhan mangrove ini, jangan sampai hanya sekedar menanam setelah itu dibiarkan,” katanya.

Hendrik melihat tantangan pelestarian mangrove lainnya adalah tambak udang, perubahan tutupan mangrove menjadi air waduk, penegakan hukum masih lemah, hingga kurangnya pengetahuan masyarakat terkait pentingnya mangrove.

“Kalau di Batam, tantangan pelestarian mangrove adalah pembangunan yang tidak sesuai prosedur,” kata Hendrik.

baca : Ekspor Pasir Laut Dibuka Jokowi, Mimpi Buruk Nelayan Kepri Terjadi Lagi

 

Suasana kampung Ambat Jaya, Karimun, Kepulauan Riau, yang bersebelahan dengan aktivitas sebuah perusahaan melakukan pembangunan di pesisir. Foto : Yogi Eka Sahputra/Mongabay Indonesia

 

Selain itu penebangan mangrove untuk arang bakau juga marak, beberapa waktu lalu DPR RI menyegel perusahaan ekspor kayu arang bakau di Batam. Arang bakau akan dikirim ke Arab, Singapura, China. Setidaknya dalam satu hari 5 kontainer arang bakau dikirim ke luar negeri. “Penebangan ini juga disebabkan laut yang rusak, makanya masyarakat terpaksa melakukan ilegal loging bakau untuk bertahan hidup, kita harus bersama-sama mencari solusinya,” kata Hendrik.

Kurangnya penegakan hukum terhadap pelaku kejahatan lingkungan masih menjadi tantangan. Apalagi pelaku kejahatan lingkungan ini sangat kuat, mereka punya banyak cara untuk tetap merusak.

Tidak hanya itu, kurangnya pemahaman masyarakat juga menjadi tantangan. Akar Bhumi, kata Hendrik juga memiliki program edukasi. “Penanaman mangrove di hari lingkungan hidup ini juga bentuk edukasi, kami mengajak mengajak masyarakat menanam mangrove, supaya mereka merasa memiliki, begitu konsep yang kami berikan,” kata Hendrik.

 

 

Exit mobile version