Mongabay.co.id

Foto : Gambaran Kondisi Air Di Indonesia Kini

Setiap tanggal 22 Maret, PBB telah menetapkan sebagai Hari Air Dunia. Penetapan itu dimulai saat Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Hari air dunia dirayakan dengan tujuan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Untuk tahun 2018, hari air bertema air limbah (waste water), dengan maksud karena di seluruh dunia, 80 persen air limbah berasal dari rumah tangga, industri, perkotaan dan pertanian mengalir lagi ke alam tanpa diolah atau digunakan kembali, sehingga merusak lingkungan.

Di Indonesia pun air merupakan hal yang sangat penting dan utama. Ini karena Indonesia mempunyai ratusan sungai dan danau, baik yang sudah dimanfaatkan keberadaannya, ataupun yang masih masih belum disentuh oleh khalayak ramai.

baca : Menjaga Sumber Air di Tengah Beragam Ancaman

Berikut beberapa foto yang berhubungan dengan air yang ada di Indonesia.

 

1. Air Terjun

Air Terjun Tegenungan, Gianyar, Bali. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Ada ribuan air terjun yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa diantaranya bahkan sudah sangat terkenal sebagai tempat tujuan pariwisata kelas dunia, dan salah satunya adalah air terjun tegenungan, Gianyar, Bali ini.

 

2. Danau

Seorang nelayan dengan perahunya di Danau Linow, Tomohon, Sulut. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Selain kaya akan sungai, Indonesia juga banyak memliki danau. Banyak orang menggantungkan hidupnya pada danau, seperti untuk menangkap dan membudidayakan ikan.

 

Penjala ikan di Danau Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Umumnya di Indonesia, para nelayan air tawar ini menggunakan alat-alat yang tradisional. Bahkan beberapa diantaranya, melarang dengan tegas penggunaan mesin motor pada perahu, salah satunya adalah Danau Buyan, Buleleng, Bali. Nelayan adat Danau Buyan, kuatir apabila mesin motor digunakan pada perahu-perahu maka limbah seperti oli dan BBM mesin akan tumpah atau mencemari danau.

Penyebab pencemaran danau yang lainnya adalah karamba jaring ikan. Sisa-sisa makanan dari ikan yang dipelihara di dalam karamba inilah yang dikuatirkan mencemari dasar danau, selain juga kemungkinan lepasnya spesies predator asing yang banyak dipelihara di keramba, yang bisa memusnakan spesies ikan lokal.

baca : Citarum Sebagai Sumber Air Potensial, Bisakah Diandalkan?

 

Kondisi Danau Buyan, Buleleng, Bali. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia

 

3. Mata air

Mata air adalah awal mula air dikeluarkan dari bumi yang kemudian lambat laun membesar dan membentuk sungai. Di Indonesia, beberapa mata air mempunyai pemandangan yang luar biasa indah. Dan ini sering dijadikan tujuan para wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri, seperti di mata air Danau Uluna, Sulawesi Utara.

baca : Uluna, Surga yang Tersembunyi di Minahasa

 

Panorama bawah air yang menakjubkan di Uluna, Danau Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia

 

4. Air bersih di Indonesia Timur

Ribuan sungai dan danau tadi, serta mata air tadi, ternyata tidak merata tersebar di semua belahan bumi Indonesia. Di beberapa bagian Indonesia, terutama di bagian timur, cukup kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih. Seperti di daerah NTT dan Pulau Buru Ambon ini. Para mama-mama (sebutan untuk ibu) harus antri dan berjalan cukup jauh untuk mendapatkan air bersih.

baca : Merauke Miliki Seratusan Sumur Air Panas, Bisakah jadi Sumber Air Bersih?

 

Anak-anak mengantri air bersih di Pulau Buru, Maluku. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Ibu-ibu berjalan jauh untuk mendapatkan air bersih di Atambua, Nusa Tenggara Timur. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia

 

5. Sampah

Dan seperti tema hari air dunia tahun ini wastewater, Indonesia mengalami masalah dengan air limbah. Secara umum,  kesadaran masyarakata yang minim untuk menjaga sumber airnya, membuat sampah menumpuk di sungai dan muara-muara. Apabila dibiarkan terus menerus, akan menimbulkan bencana yang bukan tidak mungkin membahayakan manusia. Seperti timbulnya penyakit dan lain sebagainya.

baca : Kala Sumber-sumber Air Jakarta Tercemar Berat

 

Sampah di perairan sungai yang akhirnya menuju ke laut. Foto : Wisuda/Mongabay Indonesia

 

Petugas gabungan dari TNI dan Pemprov DKI Jakarta membersihkan sampah di kawasan Hutan Mangrove, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (19/3). Foto: Dadang/beritajakarta.id/Mongabay Indonesia

 

Exit mobile version