Mongabay.co.id

Inilah Hewan-hewan Tercepat di Darat, Laut, dan Udara

Cheetah adalah hewan yang memiliki kecepatan berlari. Foto: Sammy Wong on Unsplash

Satwa-satwa dibekali kemampuan untuk berlari, terbang, atau melesat di lautan dengan begitu cepat, lebih cepat dari manusia. Kemampuan ini menjadikan mereka mampu menghindarkan diri dari bahaya, maupun untuk mengejar mangsanya, ataupun melindungi kawanannya.

Apa saja satwa-satwa tercepat di dunianya?

 

Hewan tercepat di darat

1. Cheetah

Jika ada kompetisi lari di dunia satwa, maka Cheetah (Acinonyx jubatus) akan mendominasi kategori pelari cepat (sprinter). Kucing besar ini adalah hewan darat tercepat jarak pendek, mampu berlari hingga 106 km per jam. Seekor Cheetah dari Cincinnati Zoo bernama Sarah telah tercatat berlari 100 meter hanya dalam 5,95 detik. Manusia tercepat, pelari Usain Bolt, dapat menempuh jarak yang sama dalam 9,58 detik.

 

Cheetah adalah hewan yang memiliki kecepatan berlari. Foto: Sammy Wong/Unsplash

 

 

2. Antelop Pronghorn

Cheetah memang pelari cepat, tapi pada jarak pendek atau sprinter. Cheetah tak jago berlari jarah jauh, atau marathon. Untuk hal ini,  Antelop Pronghorn (Antilocapra americana) juaranya. Hewan berkuku kecil ini dapat mencapai kecepatan tertinggi 89 km/jam,  tetapi dapat mempertahankan kecepatan  48 km/jam  sepanjang jarak berkilo-kilo meter. Kemampuan maraton antelop ini berguna untuk migrasi jarak jauhnya, yang membentang sejauh  483 km antara DAS Upper Green River di negara bagian Wyoming hingga Taman Nasional Grand Teton di Amerika.

 

Antelop Pronghorn [Antilocapra americana]. Foto: Wikimedia Commons/Yathin S Krishnappa – Own work/CC BY-SA 3.0

 

baca : 25 Makhluk Hidup Terbesar di Planet Bumi (Bagian 1)

 

Hewan tercepat di udara

1. Elang Peregrine

Falcon Peregrine (Falco peregrinus) mampu terbang melesat sangat cepat. Pemburu udara ini dapat mencapai kecepatan hingga  354 km/jam  saat meluncur ke bawah bawah . Kecepatan jelajah regulernya berkisar antara  64 hingga 97 km/jam. Elang ini mampu terbang cepat  karena bentuk sayap yang runcing dan ramping , tulang dada besar sebagai tempat otot yang kuat dan bulu kaku yang mengurangi hambatan saat menembus udara.

 

Burung Falcon Peregrine [Falco peregrinus]. Foto: Wikimedia Commons/Sumeet Moghe/CC BY-SA 4.0

 

 

2.  Burung Snipe Besar

Sementara, untuk penerbang marathon yang cepat, burung ini memegang rekor sebagai penerbang cepat jarak jauh. Burung Snipe Besar (Gallinago media) bermigrasi dalam jarak yang sangat jauh dari Eropa timur laut ke Afrika tengah setiap tahun, sejauh hingga  6.760 km.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 di jurnal Biology Letters, para peneliti melengkapi beberapa migrator kecil ini dengan alat pelacak dan menemukan bahwa mereka dapat melakukan perjalanan luar biasa ini hanya dalam 48 hingga 96 jam. Dan menariknya, burung-burung itu terbang dengan kecepatan hingga  97 km / jam dengan durasi yang panjang.

 

Burung Gallinago media. Ilustrasi: Wikimedia Commons/Engraving from Naumann, 1905/Public Domain

 

baca juga : 25 Makhluk Hidup Terbesar di Planet Bumi (Bagian 2)

 

Hewan tercepat di laut

1. Ikan Layar

Ikan layar (Istiophorus)  dapat berenang dengan kecepatan lebih dari  110 km/jam, sesuai hasil penelitian Badan Nasional Kelautan dan Atmosfer (NOAA) Amerika.  Meski begitu, para peneliti juga sedang melakukan penelitian terhadap ikan Tuna Bluefin yang dikatakan lebih cepat dari ikan layar.

 

Ikan Istiophorus platypterus atau biasa disebut ikan layaran. Foto: Wikimedia Commons/Citron/CC BY-SA 3.0

 

2. Lumba-lumba

Lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncates) memang cepat, tetapi mereka akan kalah dalam perlombaan renang jarak jauh dengan kerabat mereka, lumba-lumba biasa (Delphinus delphis dan Delphinus capensis). Lumba-lumba biasa hidup di  lautan di perairan beriklim sedang dan tropis, dan mereka dapat mencapai kecepatan hingga  64 km/jam dan mampu berenang cepat dalam durasi lama.

 

Bottlenose dolphin. Foto: Wikimedia Commons/NASA/Public Domain

 

menarik dibaca :  Begini Penampakan 10 Laba-laba Terbesar di Dunia

 

Reptil Tercepat

Iguna Ekor Berduri

Iguana ekor berduri (genus Ctenosaura) adalah kadal tercepat di dunia reptil. Satwa kecil asli Amerika Tengah ini dikenal karena punggungnya yang runcing dan ekspresi yang tenang saat diam. Pada tahun 1984, seorang peneliti mencatat satwa ini mampu melesat  hingga 35 km/jam .

 

Iguana dikenal karena punggungnya yang runcing. Foto: Wikimedia Commons/Keith Pomakis/CC BY-SA 2.5

 

 

Molluska tercepat

Cumi-cumi Jumbo dan Humboldt

Filum Mollusca mencakup satwa yang lambat dan mantap seperti siput dan hewan yang hampir tak bergerak seperti kerang dan tiram. Tetapi moluska beragam, dan beberapa telah berevolusi untuk bergerak. Cumi-cumi adalah yang tercepat dari moluska, dengan cumi-cumi Jumbo dan Humboldt yang mampu berenang hingga 24 km/jam .

 

Cumi-cumi dan telurnya. Foto: Anton Wisuda/Mongabay Indonesia

 

 

Serangga tercepat

Kumbang Harimau Australia

Kumbang harimau Australia (Cicindela hudsoni) tidak masalah tidak bisa terbang, tetapi dia dapat berlari dengan kecepatan 9 km/jam.   Kerabat dekatnya, kumbang harimau Australia lainnya (Cincindela eburneola) sedikit lebih lambat yakni mampu berlari  6,8 km/jam  tetapi lebih cepat jika dihitung lewat proporsi  panjang tubuh,  dapat menempuh 171 panjang tubuh per detik.

 

Cicindela hudsoni. Foto: Dok. UNIVERSITY of NEBRASKA–LINCOLN

 

Sumber : livescience.com

 

Exit mobile version