,

Foto: Orangutan, Spesies Ikonik Indonesia yang Terancam

Bulan Agustus merupakan bulan yang dirayakan secara gegap gempita bagi seluruh bangsa Indonesia, karena di bulan ini seluruh masyarakat Indonesia memperingati hari kemerdekaan.

Demikian pula di bulan Agustus diperingati oleh para pegiat konservasi orangutan. Ya, tanggal 19 Agustus setiap tahunnya dirayakan sebagai Hari Orangutan Dunia, sebagai sebuah bentuk dedikasi untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran bagi penyelamatan orangutan, spesies kera besar satu-satunya di dunia yang hidup di Asia.

Jika dulu spesies ikonik tersebar di seluruh wilayah Asia Tenggara, saat ini orangutan hanya dijumpai di pulau Kalimantan dan Sumatera saja dimana  kedua spesies orangutan ini telah terpisahkan lewat batas geografis selama ratusan ribu tahun.

Kerusakan habitat, perdagangan satwa liar dan perburuan liar telah menyebabka jumlah spesies orangutan semakin mengkuatirkan, dibuktikan dengan dimasukkannya kedua spesies ini kedalam status daftar merah Endangered oleh IUCN.

Hilangnya habitat dari hutan tropis untuk dikonversi untuk kepentingan industri, terutama sawit, telah menyebabkan meningkatnya resiko terbesar bagi kelanjutan kehidupan satwa liar ini.  Perlu upaya yang serius,  termasuk desakan bagi industri ekstraktif sumberdaya alam untuk turut bertanggungjawab terhadap kelangsungan orangutan melalui adopsi kebijakan konservasi habitat. Demikian pula keseriusan dan komitmen pemerintah tetap diperlukan untuk tetap mempertahankan hutan tempat hidup orangutan.

Dibawah ini adalah berbagai koleksi foto orangutan dari Rhett A. Butler, pendiri Mongabay.com yang dikumpulkan dari berbagai perjalanannya di Indonesia.

Foto orangutan yang tampak dalam gambar di bawah diambil di pusat penyelamatan, di habitat separuh liar, dan di alam bebas.

Orangutan dewasa di Pusat Rehabilitasi, TN Tanjung Puting
Bayi orangutan yang baru diselamatkan di Pusat Penyelamatan SOCP, Sumut
Orangutan Kalimantan
Bayi orangutan sumatera yang baru diselamatkan di tempat rehabilitasi
Orangutan sumatera dewasa di TN Leuser
Anak orangutan tanpa induk di Pusat Rehabilitasi Nyaru Menteng milik BOS, Kalteng
Orangutan di Pusat Rehabilitasi Camp Leakey yang dioperasikan oleh OFI, Kalteng
Bayi orangutan berada dalam gendongan pegiat konservasi
Orangutan sumatera sedang berayun di dahan
Bayi orangutan sumatera berlatih berayun
Orangutan kalimantan di pulau pelepasliaran, Kalteng
Orangutan dewasa yang akan dilepaskan ke alam liar
Orangutan muda bergerombol “bermain bersama kawan” di Nyaru Menteng, Kalteng
Bayi orangutan menggunakan “pempers”
Bayi orangutan setelah mendapat cek medis di lokasi rehabilitasi SOCP, Sumut
Ibu dan anak orangutan

Cek foto-foto orangutan lainnya di tautan ini

Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,