,

Cacing Bulu, Makhluk Laut Malam Yang Menggemaskan

Ulat berbulu, mungkin salah satu hewan yang sering anda temui di kebun belakang rumah, sedang memakan tanaman anda. Tetapi kalau cacing yang berbulu dan tinggal di dalam lautan, apakah anda sudah pernah melihatnya?

Bristleworm atau cacing berbulu, adalah cacing yang badannya berbuku-buku yang dengan bulu yang cukup lebat.

Mereka ada dalam berbagai ukuran, dari bawah satu inci sampai 2 kaki panjangnya.Yang kecil biasanya  berwarna merah muda, sementara spesimen yang lebih besar kadang-kadang ditemui berwarna abu-abu atau coklat.

Bristleworm atau cacing berbulu. Foto : Wisuda
Bristleworm atau cacing berbulu. Foto : Wisuda

Mereka umumnya hidup di pasir atau di antara terumbu karang. Dan bersifat nocturnal, atau aktif di malam hari.

Cacing bulu merupakan salah satu hewan pemakan bangkai yang cukup rakus. Jika ada seekor hewan yang mati di dalam laut, seperti kerang atau ikan, maka cacing bulu akan bergerak masuk dan mulai mengkonsumsi atau menggerogoti mangsanya dari dalam.

Cacing bulu, bisa berkembang biak dengan mudah, dan ini pada suatu saat bisa mengalami ledakan populasinya pada suatu tempat.

Pada umumnya, bulu si cacing ini sangat tajam dan dapat dengan mudah menembus kulit. Semakin besar cacing, semakin maka akan semakin besar pula bulunya.Dan cacing yang bertubuh besar pun juga dapat memiliki rahang cukup besar yang, digunakan untuk memangsa dan pertahanan dirinya

Cacing bulu, hewan pemakan bangkai yang cukup rakus. Foto : Wisuda
Cacing bulu, hewan pemakan bangkai yang cukup rakus. Foto : Wisuda
Bristleworm atau cacing berbulu. Foto : Wisuda
Bristleworm atau cacing berbulu. Foto : Wisuda

Predator potensial untuk si cacing bulu adalah coral banded shrimp dan kepiting arrow serta beberapa jenis krustacea lainnya.

Si cacing bulu dari dasar laut ini, sekarang sudah mulai digemari oleh para pehobi ikan hias air laut, karenanya keberadaan si cacing bulu, akan terancam semakin menyusut, jika eksploitasinya tidak dibatasi oleh kuota. Karena, walaupun terlihat biasa saja, si cacing bulu ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam keberlangsungan ekosistem bawah laut.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , ,