Video: Pemboman Kembali Hancurkan Keindahan Terumbu Karang Mentawai

Aksi pemboman untuk mengambil ikan di perairan Mentawai hingga saat ini masih terus berlanjut. Sebuah video baru yang diunggah tanggal 24 Februari 2013 silam memperlihatkan episode lanjutan proses perusakan keindahan bawah laut di Mentawai. Video berdurasi hampir tiga menit inidiambil 48 jam setelah pemboman dan memperlihatkan dampak langsung terhadap terumbu karang yang menjadi korban langsung peledakan ini.

Video ini adalah video lanjutan dari dua video sebelumnya yang sempat diunggah ke Youtube sejak tanggal 25 Januari 2013 silam. Beberapa warga sempat melaporkan hal ini kepada pihak berwenang namun pihak keamanan hanya memberikan janji untuk melakukan patroli di wilayah-wilayah yang diduga menjadi lokasi favorit pemboman nelayan. Namun hingga kini upaya ini belum dilakukan.

Lokasi pemboman di video baru ini tidak jauh dari lokasi pemboman pertama yang berada di titik koordinat -1.844355 99.30645, tepatnya di sekitar pulau kecil bernama Mainuk, di selatan Pulau Siberut Utara.

Menurut data dari BPS Sumatera Barat, kabupaten yang memiliki garis pantai 758 kilometer ini memiliki potensi perikanan yang cukup besar. Di perairan sepanjang pantai itulah tersimpan kekayaan laut yang cukup potensial seperti kerapu, kakap, tongkol, teripang, dan rumput laut. Kerapu dari perairan Kepulauan Mentawai bahkan menjadi komoditas ekspor. Daerah penangkapan di sepanjang pesisir Pagai Utara Selatan sampai Siberut. Kerapu hasil tangkapan dalam bentuk beku segar dibawa ke Padang dan dikapalkan melalui pelabuhan Dumai, Riau menuju Malaysia.

Potensi pariwisata juga tidak kalah menarik. Perairan Mentawai dikenal sebagai tempat paling menantang untuk pecinta olahraga selancar air atau surfing. Potensi pantai yang terkenal untuk olah raga selancar ini menjadi incaran wisatawan mancanegara. Lokasi selancar terdapat di Nyangnyang, Karang Bajat, Karoniki, dan Pananggelat Mainuk di Kecamatan Siberut Selatan, Katiet Bosua di Kecamatan Sipora, serta pantai selatan dan barat Kecamatan Pagai Utara.

Berikan suara anda untuk melindungi perairan Mentawai dari aksi pemboman lewat: https://www.change.org/petitions/stop-bombing-the-mentawai-reefs

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , ,