10 Tempat Angin Terkencang di Muka Bumi

 

 

Sebagian besar badai akan menghasilkan angin kecang yang berbahaya dan merusak. Ketika kecepatan angin mencapai lebih dari 90 kilometer per jam, badai akan digolongkan sebagai badai yang mengerikan.

Tapi tahukah Anda, ada beberapa tempat di dunia ini yang hembusan anginnya mencapai tiga atau empat kali lebih kencang dari badai tersebut? Berikut adalah tempat dengan cuaca ekstrim sekaligus yang paling kencang hembusan anginnya di Bumi, sebagaimana dikutip dari Earth.com dan sumber lainnya.

 

  1. Commonwealth Bay, Antartika (Kutub Selatan)

The Guinness Book of World Records dan National Geographic Atlas telah mendaftarkan teluk di Antartika ini sebagai salah satu tempat yang paling berangin di Bumi. Angin kencang katabolik di Commonwealth Bay dilaporkan mencapai 160 km/jam.

 

  1. Wellington, Selandia Baru

Kecepatan angin tertinggi tercatat di Wellington, Selandia Baru, adalah 247 km/jam. Kecepatan angin rata-rata di “Windy Wellington” ini adalah 43 km per jam. Namun begitu, Wellington pernah mengalami 233 hari dengan angin sangat kencang dalam setahun.

 

  1. Bridge Creek, Oklahoma

Pada 3 Mei 1999, radar doppler mengukur kecepatan angin lebih dari 480 km per jamdi pinggiran Kota Oklahoma, Bridge Creek, sewaktu kota itu dilanda tornado. Hal ini, secara tidak resmi, merupakan kecepatan angin tertinggi yang diketahui di dunia. Beberapa laporan bahkan mengatakan angin berhembus hingga 486 km per jam,sementara yang lain mengklaim angin mencapai 510 km per jam.

 

Angin yang begitu kencang di Mount Washington, New Hampshire, Amerika. Sumber foto: JOSE AZEL/GETTY IMAGES via Redbull.com

 

  1. Gunung Washington, New Hampshire

Staf Observatorium Mount Washington mencatat hembusan angin tercepat yang pernah ada di muka Bumi sekitar 370 km per jam pada 12 April 1934. Kecepatan angin di sini rata-rata 52 km per jamsepanjang tahun.

 

  1. Pulau Barrow, Australia

Pada 10 April 1996,stasiun cuaca di Barrier Island mencatat kecepatan angin tertinggi di sini sekitar 407 km per jam. Angin dengan kecepatan yang luar biasa ini tercipta dariTopan Olivia, mengalahkan rekor dunia yang sebelumnya dipegang oleh Mount Washington.

 

Kecepatan angin di Gunung Everest bisa mencapai 281 km per jam. SUmber foto: DAN RAFLA/AURORA via Redbull.com

 

  1. Gunung Everest

Di pertengahan musim dingin, Gunung Everest mencapai kecepatan angin laksana topan, dengan kecepatan tertinggi mencapai 281 km per jampada Februari 2004.

 

  1. Cape Blanco, Oregon

Angin menjadi sangat ekstrim saat badai musim dingin di Cape Blanco, mencapai 112 hingga 160 km per jam. Kecepatan angin tertinggi di tempat ini hingga204 km/jam

 

  1. Rio Gallegos, Argentina

Rio Gallegos dianggap sebagai salah satu tempat paling berangin di dunia dengan kecepatan reguler melebihi 48 km per jam. Kecepatan tertinggi hampir 100 km per jam.

 

Cape Blanco. Sumber foto: Wikipedia Commons/Adbar-Own work/CC BY-SA 3.0

 

  1. Ab-Paran, Ghowr, Afghanistan

Pada 2008, kecepatan angin 330 km per jam dilaporkan terjadi di Ab-Paran, Ghowr di Afghanistan.

 

  1. Gruissan, Perancis

Angin yang dominan di Gruissan adalah Tramontane, yang merupakan angin kencang dari barat laut negara tersebut. Sepanjang tahun di Gruissan, selama 300 hari, rata-rata angin berhembus 30 km per jam.

 

 

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,