Foto: Spesies Kadal Baru Berwarna Biru Neon Ditemukan di Vietnam

Para ahli biologi Jerman dan Rusia menemukan sebuah spesies kadal baru di Vietnam. Spesies ini mereka namakan Calotes bachae, dan dipaparkan secara mendalam di jurnal Zootaxa.

Calotes bachae masuk ke dalam keluarga Agamidae, yaitu sebuah kelompok keluarga kadal yang banyak dikenal sebagai ‘kadal hutan’. Hal ini dijelaskan oleh para ahli melalui penelitian DNA yang dipimpin oleh Timo Hartmann, seorang kandididat PhD dari Museum Koenig di Bonn, Jerman, yang menemukan bahwa spesies satu ini berbeda dari kadal biru yang ditemukan di Myanmar dan Thailand.

Calothes bachae bukan jenis kadal yang langka atau sulit ditemukan, menurut para ahli. “Untuk meneliti spesies baru ini tidak diperlukan perjalanan yang melelahkan ke dalam hutan yang jauh. Kadal ini nampaknya sudah beradaptasi untuk hidup bersama manusia, bahkan mereka bisa dijumpai di pusat kota metropolis seperti kota Ho Chi Minh di antara bunga-bunga dan taman kota,” ungkap salah satu penulis jurnal ini, Peter Geissler.

B) Betina dewasa di Propinsi Dong Nai, Vietnam. Foto: Peter Geissler. C) Jantan dewasa saat musim kawain di Propinsi Dong Nai. Foto: Peter Geissler. D) Jantan dewasa di Propinsi Binh Phuoc, Vietnam. Foto: NIkolay Poyarkov. E) Remaja di Propinsi Dong Nai. Foto: Peter Geissler

Calotes bachae adalah seekor kadal kecil, sepanjang kira-kira 10 centimeter. Seperti jenis spesies dari keluarga Agamidae lainnya, spesies jantannya memiliki warna yang cerah di saat musim kawin. Sementara betina dan remajanya memiliki warna yang kurang menarik. Keduanya memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulit mereka untuk menyesuaikan dengan warna dominan di sekitarnya.

Penemuan ini menjadi sebuah bukti bahwa penggunaan perangkat baru seperti pemakaian barcode-DNA dalam mengenali sebuah spesies sangat membantu, seperti diungkapkan oleh penulis lain dalam penelitian ini, Nikolay Poyarkov.

“Seluruh jumlah spesies yang merupakan kekayaan isi planet bumi ini belum terdeteksi seluruhnya,” tambah Rodder, Kepala Departemen Herpetologi di Museum Koenig, Bonn, Jerman.

Sebelumnya ratusan spesies baru telah ditemukan di kawasan Greater Mekong dalam dekade ini. Bahkan pekan lalu, seorang ahli dari Australia menemukan spesies baru katak terbang juga di Vietnam.

CITATION: Timo Hartmann et al. (2013). A new species of the genus Calotes Cuvier, 1817 (Squamata: Agamidae) from southern Vietnam. Zootaxa 3599 (3): 246–260; doi: 10.11646/zootaxa.3599.3.3

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , , ,