Video: Burung Kangkareng Besarkan Anak di Dalam Guci!

Sejumlah peneliti di Malaysia berhasil merekam seekor Oriental-pied hornbills (Anthracoceros albitrosis) membesarkan anaknya di dalam sebuah guci tanah di wilayah hutan Kenyir di Malaysia. Video yang pertama menunjukkan si Kangkareng perut putih ini tengah menyuai anaknya, dan video kedua menunjukkan si Kangkareng meninggalkan sarangnya.

“Selain berbagai jenis buah-buahan, kami juga telah melihat kelelawar yang dibawa nyaris setiap hari, katak, telur dan berbagai jenis serangga, bahkan si induk juga membawa kotoran kering,” dijelaskan oleh Anuar McAfee dalam video di blognya. “Guci ini telah digunakan sebagai sarang dalam sepuluh tahun terakhir. Guci ini terletak di dekat desa yang sudah tidak ditinggali lagi di dekat Kuala Trengganu. Pemiliki rumah meninggal tahun 2009, namun anaknya masih seringkali berkunjung untuk melihat rumah ini. Dia memperkirakan bahwa burung Kangkareng ini mulai bersarang di situ sejak awal Maret 2012. Saya berkunjung ke sini bulan Fenruari 2012, dan tempat itu kosong. Dengan masa bersarang antara 79-89 hari, kami berharap burung muda ini mulai bisa aktif di akhir mulan ini.”

Dalam video kedua, McAfee mendokumentasikan bahwa si betina sudah meninggalkan sarang, sementara si jantan masih memberikan makanan bagi anaknya, kendati lebih jarang frekuensinya.

Burung Oriental pied hornbill atau Kangkareng perut putih ditemukan di sepanjang Asia Tengah dan Asia Tenggara. Burung ini masih dikategorikan ‘resiko rendah’ oleh IUCN Red List dan dinilai sebagai burung dari keluarga hornbill yang paling umum di Asia.

Video ini didapatkan dari Rimba, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bekerja di Malaysia.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , ,