Wow, Serangga Raksasa Hampir Sepanjang 60 cm Ditemukan Para Peneliti

Insect photo-2

Pesona ragam kekayaan alam yang ada di dunia, bak misteri yang terus menerus menampilkan hal-hal baru.  Seperti yang baru-baru ini dilaporkan oleh para peneliti biologi dari The Royal Belgian of Natural Sciences, mengumumkan hasil penelitian serangga yang didapat dari pedalaman hutan Vietnam. Serangga berbentuk tongkat ini memiliki panjang lebih kurang 60 centimeter yang membuatnya menjadi serangga berbentuk tongkat terpanjang di dunia yang pernah ditemui.

Dengan panjang 54 centimeter ketika kakinya direntangkan, penampilan serangga yang bernama ilmiah Phryganistria heusii yentuensis ini lebih mirip ranting pohon daripada tongkat. Serangga ini adalah serangga tongkat kedua terbesar yang pernah ditemukan, dimana sebelumnya spesimen serangga tongkat terbesar dilaporkan pernah ditemukan di Kalimantan dengan panjang 56 cm.

Serangga raksasa ini ditemukan di Cagar Alam Tay Yen Tu atau  150 km timur laut dari ibukota Vietnam, Hanoi. Saat menemukan spesimen serangga ini, para peneliti bekerja dengan menggoyang-goyangkan cabang pohon tempatnya hinggap sehingga jatuh ke tanah. Diketahui bahwa serangga ini sangat mahir dalam meniru berbagai bentuk ranting dan dedaunan. Dengan menggerakkan tubuhnya sedemikian rupa, serangga ini bahkan mampu menirukan gerakan ranting pohon yang tertiup angin.

Untuk mengelabui predator, maka serangga ini melakukan metode pertahanan diri dengan pura-pura mati ataupun seperti layaknya bunglon, mampu meniru dan mengubah warna tubuhnya serupa dengan lingkungan sekitarnya.

Dalam bereproduksi, serangga tongkat ini dikenal memakan waktu sangat lama untuk berkopulasi, beberapa spesies ini diketahui tetap berpasangan selama berbulan-bulan dan sangat aktif di saat malam.

Pada ekspedisi terbaru di Vietnam tersebut, para ilmuwan mengumpulkan ratusan jenis serangga yang belum diberi nama dan belum dikategorikan. Hal ini mengindikasikan, bahwa masih banyak sekali jenis yang belum ditemukan. Penemuan ini merupakan sebuah langkah besar menuju pendokumentasian beragam jenis serangga yang ada di hutan tropis basah. Khusus di Vietnam hanya sekitar 70 spesies yang telah tercatat secara ilmiah. Region Asia Tenggara sendiri diyakini memiliki keragaman serangga tongkat paling tinggi di dunia.

Serangga tongkat dibandingkan dengan ranting pohon. Foto: Royal Belgian Institute of Natural Sciences
Serangga tongkat dibandingkan dengan ranting pohon. Foto: Royal Belgian Institute of Natural Sciences
Artikel yang diterbitkan oleh
, , ,