,

Video: Keindahan Bawah Laut Nusa Penida

Nusa Penida, pulau yang di kelilingi lautan, masuk Kabupaten Klungkung, Bali. Menuju ke pulau ini, bisa ditempuh dengan kapal laut dari Tanjung Benoa. Berjarak 20 kilometer dari kota, Nusa Penida juga bisa ditempuh lewat darat. Setelah tiba di Tanjung Benoa, naik kapal yang mengantarkan ke pulau ini.

Awal Juni lalu, saya berkesempatan kesana. Sedihnya, kala melewati hutan mangrove Teluk Benoa, tampak rusak. Teluk ini juga dalam ancaman reklamasi yang akan dibangun beragam fasilitas wisata.

Dari Teluk Benoa ke Nusa Penida, ditempuh selama dua jam. Jika beruntung, ombak laut tak tinggi, hingga bisa menikmati laut biru dan biota laut yang bermain.

Saya sempat mengabadikan ikan-ikan di sana. Kalau beruntung, penyelam akan bertemu pari manta. Nusa Penida, salah satu’rumah’ manta.  Semoga keindahan alam ini terus terjaga, bisa dinikmati dengan tak merusak.

Pemandangan alam nan indah di Nusa Penida. Foto: Ayat S Karokaro
Pemandangan alam nan indah di Nusa Penida. Foto: Ayat S Karokaro
 Indahnya ikan-ikan ini bermain di perairan Nusa  Penida, Bali. Air laut nan biru menjadi pemandangan indah dari atas kapal. Foto:  Ayat S Karokaro
Indahnya ikan-ikan ini bermain di perairan Nusa Penida, Bali. Air laut nan biru menjadi pemandangan indah dari atas kapal. Foto: Ayat S Karokaro
Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , , ,