Kilas Balik Video: Praktek Penghancuran Habitat Harimau Sumatera oleh APRIL

Sebuah video lama berjudul Paper/Tiger mengungkapkan praktek penghancuran hutan di propinsi Riau, Sumatera oleh salah satu produsen kertas terbesar dunia, APRIL. Hutan yang menjadi habitat spesies terancam punah, harimau Sumatera, ini dihantam buldoser untuk menyulap hutan Sumatera menjadi penghasi bahan baku kertas terbesar di dunia.

Dalam video berdurasi 26 menit ini, diperlihatkan bagaimana Asia Pacific Resources International Limited, atau yang dikenal dengan APRIL, menghancurkan hutan alami di Sumatera untuk mengambil kayu dan diubah menjadi pulp, dan dengan segera mereka menggantikan seluruh pohon yang ditebang dengan tanaman akasia yang lebih cepat tumbuh untuk kemudian dipanen lagi menjadi kertas. Pihak APRIL menyebut upaya yang mereka lakukan ini sebagai langkah yang sustainable, dan dianggap lebih baik dibanding pembukaan ladang dan hutan dengan membakar.

Tak hanya membongkar praktek penghancuran habitat harimau Sumatera. Dalam video ini juga diungkapkan berbagai praktek yang lekat dengan korupsi para pelaku bisnis ini dengan berbagai upaya penyuapan kepada penguasa lokal.

Video yang dirilis oleh stasiun TV ABC Australia ini ditayangkan dalam program Foreign Corrspondent bulan November 2011 silam. Meski sudah setahun lebih berlalu, mungkin banyak dari anda yang belum sempat menyaksikan bagaimana kekejaman bisnis raksasa ini mengantarka hutan Sumatera menuju titik akhirnya.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , ,