10 “Green Building” Terbaik 2016 yang Begitu Menginspirasi

Sebanyak 10 green building ini layak dinobatkan sebagai bangunan terbaik. Ada kombinasi sempurna antara real estate, teknologi, dan faktor ramah lingkungan pada perwujudan bangunan tersebut.

Sebagaimana dilansir dari Switch Automation, berikut adalah daftar green building ramah lingkungan 2016 yang dikumpulkan dari seluruh dunia. Tidak sembarangan, bangunan-bangunan ini pastinya telah memenuhi kriteria seperti desain yang menarik, menjadi “green icon” di kota gedung itu berdiri, sebagai investasi menguntungkan di masa depan, dan pastinya ramah lingkungan.

Sky/One Central Park at Central Park, Sydney

Gedung ini menjadi ikon baru green building dan tempat tinggal berkelanjutan di Sydney, Australia. Gedung ini merupakan urban village paling ramah lingkungan di Australia, rumah tumbuh-tumbuhan tiga genarasi, yang menyuplai listrik, pemanas dan pendingin ruangan, juga pendaurulangan air melalui taman vertikalnya.

Bullitt Center, Seattle

Gedung ini adalah model sejati keberlanjutan, yang dinobatkan sebagai salah satu gedung perkantoran paling ramah lingkungan di dunia. Semua feature dan fasilitas yang ada seolah merupakan organisme hidup. Gedung ini memiliki 575 panel surya di atapnya, yang tak hanya mampu menyuplai listrik untuk gedung tersebut, tetapi juga untuk penduduk sekitar terutama di musim panas. Gedung ini didesain menggunakan zero energi, air, maupun limbah.

Arsiteknya juga menambahkan tangga unik, untuk melihat Kota Seattle dari atas kawasan Puget Sound. Sehingga, siapapun akan lebih memilih menaiki tangga ini dibandingkan naik lift. Nuansa hemat energi dan hidup sehat terpancar jelas di sini.

Courtesy of the Bullitt Center
Courtesy of the Bullitt Center

Pixel Building, Melbourne

Pada 2010, gedung ini dinobatkan sebagai gedung perkantoran paling ramah lingkungan di dunia. Gedung dengan desain pixel warna warni ini yang dipenuhi aneka fitur inovasi. Mampu mencukupi kebutuhan airnya sendiri juga netralitas karbon adalah bukti bahwa bangunan pun bisa menyediakan kebutuhannya sendiri.

Courtesy of Grocon
Courtesy of Grocon

Indira Paryavaran Bhawan, New Delhi

Di bumi ini, bangunan-bangunan komersial mengonsumsi sekitar 40% energi dunia. Inilah gedung yang bisa menjadi rumah bagi teknologi energi terbarukan yang terintegrasi dan canggih, pertama di India. Selesai dibangun pada 2013, gedung ini menginspirasi adopsi green technology di seluruh India.

Gedung ini menggunakan 75% sinar matahari di siang hari, dan atapnya dipasang solar panel terbesar di India. Material bangunannya menggunakan batubata dari limbah industri, bambu, dan material daur ulang.

Courtesy of Rehau
Courtesy of Rehau

Vancouver Convention Center West, Vancouver

Kombinasi teknologi ramah lingkungan dengan pengoperasianya yang keren membuatnya berbeda dari bangunan lain. Atapnya adalah kebun hijau seluas 24 ribu meter persegi (terbesar di AS dan Kanada), yang ditanami 400 ribu tanaman lokal dan rerumputan. Ada empat sarang lebah, ventilasi, cahaya alami di dalam gedung, dan masih banyak hal menarik lainnya.

Courtesy of Vancouver Convention Center

Courtesy of Vancouver Convention Center

WeWork, Bryant Park NYC

Ini adalah gedung tua (dibangun 1902) yang direstorasi kembali menggunakan teknologi ramah lingkungan. Pengelola gedungnya mempunyai divisi R&D sendiri untuk terus meningkatkan cara menggunakan dan memperbaharui teknologi ramah lingkungan di gedung tersebut.

Courtesy of WeWork
Courtesy of WeWork

John and Frances Angelo’s Law Center, Maryland

Gedung ini didesain dengan semangat mengatasi emisi pemanasan global dan menetralitas iklim. Bambu, kayu bersertifikat, dan beton yang dibuat dari bahan-bahan daur ulang adalah sebagian kecil dari teknologi ramah lingkungan yang dimiliki gedung ini.

Courtesy of the University of Baltimore
Courtesy of the University of Baltimore

Collaborative Life Sciences Building, Portland

Sekitar 30% dari gedung ini dibangun dengan material limbah yang didaur ulang. Tak hanya atap yang mampu menghasilkan listrik sendiri, gedung ini juga mendaur ulang airnya untuk berbagai keperluan.

Courtesy of PSU
Courtesy of PSU

Bosco Verticale (“vertical forest”), Milan

Karya arsitektur yang indah ini kini menjadi ikon di Milan, Italia. Selain indah, hutan vertikal di gedung ini adalah rumah bagi lebih dari 700 pohon dan 90 spesies tanaman. Tanaman-tanaman ini dipilih untuk memproduksi oksigen, mengurangi polusi suara, dan mengatur temperatur.

Courtesy of Stefano Boeri Architetti
Courtesy of Stefano Boeri Architetti

Center for Sustainable Development, Montreal

Struktur bangunan yang sustainable ini secara khusus didesain untuk rungan kolaboratif yang menyimbolkan pendidikan lingkungan berkelanjutan. Sebuah tempat berkumpulnya komunitas sekitar untuk bertukar ide tentang sustainable development.

Tak hanya fungsinya yang ‘green’, bangunan ini juga ramah likungan dengan dinding-dinding taman vertikal di dalamnya. Atapnya mampu menetralisir polutan di udara, juga kaca yang terbuat sepenuhnya dari material limbah.

Courtesy of LAMDD
Courtesy of LAMDD
Artikel yang diterbitkan oleh
, ,