Kelas Super VIP Untuk Dua Panda dari Cina ke Singapura, Please….

Dua ekor panda dari Cina bernama Kai Kai dan Jia Jia telah berhasil terbang melintasi langit Asia dengan nyaman tanggal 6 September silam bersama maskapai penerbangan Singapore Airlines dari Chengdu, Cina menuju Singapura. Dalam penerbangan sejauh 3.669 kilometer tersebut kedua panda ini mendapat perlakuan sangat khusus dan dibuat senyaman mungkin menikmati perjalanan ini. Maklum saja, keduanya adalah spesies dilindungi yang semakin langka keberadaannya.

Selama perjalanan, suhu udara dibuat antara 18-22 derajat celcius sesuai dengan suhu di habitatnya di Sichuan dan ditaruh di dalam peti khusus yang berukuran besar agar menjamin kebebasan bergerak bagi keduanya. Dan tentu saja, cemilan khusus bagi keduanya juga disediakan sepanjang perjalanan. Maklum saja, perjalanan ini memakan waktu hingga 4,5 jam dari Chengdu untuk mencapai Singapura. Untuk memenuhi kebutuhan ngemil Kai Kai dan Jia Jia itu, tak kurang dari 90 kilogram bambu dibawa. Lalu tim yang menjaga keduanya juga turut serta menemani, diantaranya dokter hewan, dan penjaga kebun binatang dari Singapura agar memastikan keduanya selamat dan nyaman sampai di tujuan.

Penerbangan ini adalah sebuah kerjasama antara Wildlife Reserves Singapore yang mengelola rumah baru Kai Kai dan Jia Jia yaitu River Safari, dengan Asosiasi Konservasi Margasatwa Cina (China Wildlife Conservation Association).

Sebelum kedua panda ini, maskapai penerbangan ini juga pernah membawa spesies lain ke Singapura, diantaranya jerapah, singa, beruang dan badak India.

Panda adalah hewan yang dilindungi sejak lama, sejak tahu 1986 IUCN telah memasukkan spesies ini ke dalam daftar merah mereka dengan status terancam.

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , ,